boks atlet muaythai
Atlet Muaythai Kota Depok, Rian Rinaldy

Muaythai merupakan seni bela diri populer dari Thailand. Banyak masyarakat tanah air yang menyukai olahraga ini. Di Depok, Rian Rinaldy menjadi atlet yang menekuni serius bidang ini.

Laporan : Ivanna Yustiani

RADARDEPOK.COM, Siang hari yang terik, pada Minggu (17/10), terdapat dering telpon dengan mengucapkan salam, ternyata ia adalah Rian Rinaldy seorang pendaki sekaligus atlet Muaythai. Dengan memperkenalkan diri, Rian mulai bercerita tentang dirinya yang sejak kecil hobi dengan olahraga.

Rian yang saat ini menginjak usia 23 tahun, merupakan anak tunggal sudah lama tinggal di Kota Depok. Sejak kecil saat ia menduduki Sekolah Dasar (SD) sudah mulai mengikuti olahraga bela diri yaitu Karate.

Dirinya mulai mendalami olahraga bela diri ini bersama salah satu bagian keluarganya yang juga satu frekuensi dengan dirinya. Menjalani hobi dengan sepenuh hati membuat dirinya serius dengan seni bela diri tersebut. Hingga sampai saat menduduki bangku SMA, Rian memilih untuk tidak melanjuti karate.

Seiring berjalannya waktu, di usia Rian yang menginjak 19 tahun, ia lebih memilih Muaythai. Dia lebih menyukai olahraga yang lebih ekstrem. Sama halnya pada saat ia kecil, dirinya dilatih oleh sepupunya.

Rian tidak pernah merasa ada paksaan dari keluarga atau orang terdekat untuk masuk di dunia olahraga, karena keluarganya pun memiliki hobi yang sama dengan Rian.

Pertama kali di umur 19 tahun, Rian juga mulai mengikuti ajang liga nasional. Salah satunya Kejuaraan Daerah (Kejurda) pada 2017. Ini pertama kali ia mengikuti perlombaan tingkat nasional. Ia berlatih sekeras mungkin agar bisa meraih sebuah medali.

Pertama kali saya ikut Kejurda 2017, ini memang pertandingan saya pertama kali. Saya terus menerus latihan untuk membawa pulang medali,” ujarnya.

Diselingi dengan doa, usaha memang tidak mengkhianati hasil, Rian pun berhasil membawa pulang sebuah medali emas yang diimpikannya.

Mulai dari perlombaan ini, Rian mulai mendaftar di ajang liga tingkat Nasional berikutnya dan meraih medali perunggu. Menurutnya, selama mengikuti Olahraga Muaythai, ia tidak merasakan kesulitan pada saat latihan maupun bertanding

Tidak ada kesulitan saat menjalani latihan maupun bertanding, mungkin memang sudah hobi saya. Jadi saya pun juga senang-senang saja,” tukasnya. (bersambung)

Editor : Junior Williandro