rutan
TUJU ZONA INTEGRITAS : Para Pejabat Strukturan Rutan Kelas I Depok saat menerima arahan dari Kementrian Hukum dan HAM dalam menuju Zona Integritas untuk mencapai WBK WBBM melalu zoom meeting. ARNET/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rutan kelas I Depok terus menatap pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) sesuai intruksi Kementerian Hukum dan HAM RI, melalui zoom meeting, Selasa (5/10).

Plt Kepala Rutan Kelas I Depok, M Irvan Muayat menerangkan, Kemenkumham memang secara gencar melakukan setiap instansi yang bernaung dibawahnya mampu masuk ZI menuju WBK dan WBBM. Segala daya dan upaya disampaikan agar menjadi bekal maupun kepada satuan kerja dilingkungan Kumham.

“Ini menjadi ajang kompetisi sehat dalam mencapai kebaikan pelayanan, yang bebas korupsi dan bersih melayani. Dan ini gencar dilakukan pada seluruh Satker kumham,” paparnya.

Lebih jauh, Lokakarya ini bentuk rentetan darinkegiatan menyambuy Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) tahun 2021, sehingga langsung dipimpin Wakil Menteri Hukum dan HAM RI Edward Omar Sharif, dengan wajib menerapkan protokol kesehatan meski berlangsung secara online.

Bahkan dalam pembukaan penyambutan HDKD dihadiri langsung Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi Iwan Kurniawan, Sekretaris Jenderal Kemenkuham RI Andap Budhi Revianto, Inspektur Jenderal Kemenkumham RI Razilu dan Para Pimpinan Tinggi (Pimti) dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Target kami memang dalam HDKD semua satuan kerja serius menuju WBK dan WBBM itu ya. Semua Satuan Kerja tanpa terkecuali, sekarang itu yang sedang kita fokuskan untuk ke depan,” terang Irvan.

Keseriusan setiap Satker Kumham menuju ZI terlihat dari narasumber yang memberikan arahan maupun materi, tak tanggung-tanggung Kemenkumham menghadirkan secara langsung tiga narasumber. Pertama, dari Ombudsman RI (ORI). Kedua, ada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). dan Ketiga dari Kementerian PANRB.

“Tentunya setiap arahan ini sangat berguna untuk kami menuju zona integritas ya. Pastinya semua yang ada Rutan bergotong royong mempercepat realisasi pelayanan yang lebih baik, bebas dari korupsi dan bersih melayani,” paparnya.

Sementara, Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Razilu dalam arahannya menegaskan, konteks dalam materi ini terkait membahas tuntas tentang bagaimana agar dapat memperoleh Predikat WBK/WBBM. Seperti implementasi pembangunan ZI, kategori pelayanan prima, capaian pembangunan ZI, langkah strategis membangun ZI.

“Sikap optimis merupakan energi yang mampu menyatukan segala potensi untuk melakukan tindakan nyata meraih keberhasilan pastikan anda menjadi insan yang optimis,” tegasnya saat memberikan arahan secara zoom meeting.

Ia berharap, semoga dengan adanya kegiatan lokakarya ini bisa memberikan bekal serta pemahaman yang semakin mantap dan pasti demi output atau capaian bersama yakni pelayanan prima, sehingga dengan cepat menuju WBK WBBM. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro