boks NPCI
DIKUNJUNGI : Pegawai Dinas Sosial (Dinsos) sedang mengunjungi Sekretariat NCPI Kota Depok, sekaligus meberikan sumbangan berupa kursi roda dan tongkat untuk paralympian. ist

National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) atau Komite Nasional Paralimpik Indonesia Kota Depok, mungkin tidak seterkenal Komite Olaraga Nasional Indonesia (KONI) Depok. Akan tetapi masyarakat, mesti tahu jika NPCI Depok juga wadah persatuan atlet pengharum nama Depok. Bedanya, atlet yang berada di NPCI merupakan kaum disabilitas atau difabel.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, NPCI dulunya berada di dalam KONI. Namun pada 31 Maret 2015, NPCI mengundurkan diri. Pengunduran diri tersebut didasari perkembangan organisasi keolahragaan International Olympic Committee (IOC) dan Olympic Council of Asia (OCA) yang menjadikan organisasi olahraga penyandang disabilitas (Paralympian), menjadi organisasi yang mandiri dan berdiri sendiri.

Antara KONI dan NPCI memiliki visi dan misi yang sama dalam mengembangkan olahraga. Bedanya NPCI menjadi wadah para atlet difabel. Sedangkan KONI menaungi atlet secara umum,” kata Ketua NPCI Kot Depok, Puji Sumartono.

Sejarah organisasi olahraga penyandang disabilitas di Indonesia ini berdiri pada 31 Oktober 1962. Organisasi ini awalnya dinamai Yayasan Pembina Olahraga Cacat (YPOC). Pada Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) YPOC ke VI tanggal 31 Oktober–1 November 1993 di Yogyakarta, nama YPOC diubah menjadi Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC).

BPOC kembali berubah nama menjadi National Paralympic Committee (NPC) pada 2010. Perubahan nama ini sejalan dengan keputusan International Paralympic Committee (IPC) tahun 2005.

Nama yang berubah tersebut sejalan dengan keputusan International Paralympic Committee (IPC) tahun 2005, yang mewajibkan gerakan maupun kegiatan olahraga penyandang disabilitas untuk menggunakan kata Paralympic.

IPC beralasan, semua olahraga yang dinaungi IPC merupakan olahraga prestasi, bukan olahraga rehabilitasi maupun olahraga rekreasi. Maka itu terjadi beberapa kali perubahan nomenklatur organisasi NCPI ini,” tuturnya.

Di Kota Depok, NPCI Kota Depok memiliki sekretariat di Jalan Komplek Stadion Merpati, Kutilang Raya, RT3/11, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas. NPCI Kota Depok sendiri baru berdiri pada tahun 2010 silam, berusia jauh dari KONI Kota Depok yang sudah lebih dulu berdiri pada tahun 1999.

Sejarah tampuk kepemimpinan NPCI Depok diawali oleh Bapak Yusuf sebagai ketua pertama. Periode 2010-2015, lalu dilanjutkan bapak Asep Wijayadi sebagai ketua periode 2015-2020, dan sekarang saya menjabat sebagai ketua untuk periode 2020-2025,” bebernya. (bersambung)

Editor : Junior Williandro