lanjutan boks NPCI
BERLATIH : Salah satu atlet paralimpyc Kota Depok sedang berlatih menembak.

Setelah resmi menjabat Ketua National Comite Paralimpyc Indonesia (NCPI) Kota Depok ada 2016 lalu, lewat Musorkot III NCPI Kota Depok, Puji Sumartono terus berupaya untuk memajukan atlet disabilitas yang ada di Depok.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, NCPI Kota Depok saat ini menaungi 14 cabang olahraga paralimpyc, di antaranya, tenis lapangan, menembak, bulutangkis, renang, tenis meja, atletik, boling, catur, yudo, angkat berat, panahan, sepakbola cipi, golbol, dan bocia.

Dari 14 cabang olahraga yang ada, kami memfokuskan hanya 12. Dua diantaranya agak kurang peminat yaitu golbol dan bocia,” kata Puji.

Meski sudah dikerucutkan menjadi 12 cabang olahraga, akan tetapi peranan NPCI Kota Depok masih belum bisa maksimal 100%, lantaran salah satu cabang olahraga terkendala dari segi atlet.

Dari 12 cabang olahraga yang ada di Depok, kita masih kekurangan di sepak bola cipi,” tuturnya.

Untuk masalah perekrutan atlet, NPCI Kota Depok kini sudah memanfaatkan kemajuan teknologi. Perekrutan saat ini sudah dimudahkan dengan adanya media sosial.

Sistem penjaringan kita buat sosialisasi lewat media sosial dan kerjasama dengna sekolah luar biasa (SLB) yang ada di Depok, tapi kita juga tetap menjaring potensi yang ada di masyarakat dengan melakukan pendataan ke beberapa kecamatan dalam melakukan penjaringan,” bebernya.

Kesamaan hak antara NPCI dan KONI Kota Depok menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung peningkatan prestasi NPCI Kota Depok. maka itu, peran Disporyata Kota Depok dalam mensuport NPCI dirasa sangat penting.

Harapaya NPCI Kota Depok bisa lebih maju dengan adanya kerjasama mitra dengan Disporyata Kota Depok,” ujarnya. (bersambung)

Editor : Junior Williandro