si jum
MAKAN GRATIS : Petugas kebersihan saat mengatri untuk mengambil makanan di lokasi Warung Gratis Si Jum yang berlokasi di Jalan Juanda, Kecamatan Sukmajaya. ARNET/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Komunitas Si Jum kembali mengembangkan sayap dalam dunia kemanusiaan lewat program warung makan gratis. Setiap hari, tersedia 200 paket makanan untuk bagi masyarakat kurang mampu. Lokasinya berada di Jalan Juanda, Kecamatan Sukmajaya.

Koordinator Komunitas Si Jum Depok, Humairoh Aziz Alkatiri menerangkan, warung makan gratis Si Jum telah ada empat titik di Kota Depok. Paling terbaru ada di Jalan Juanda yang diresmikan pada Sabtu 16 Oktober 2021 lalu, dengan mengundang seluruh lapisan masyarakat agar doa terus mengalir untuk kebaikan gerakan kemanusiaan ini.

“Alhamdulilah ya sudah ada empat di Depok, adanya di Beji, Pancoranmas 2 warung makan, dan terakhir di Jalan Juanda ini,” terangnya.

Setiap masyarakat yang kurang mampu dipersilakan makan secara gratis dimanapun lokasi Si Jum berada, mulai dari tukang ojek, petugas kebersihan, ojek online, dan lapisan masyarakat lainnya yang sekira membutuhkan makan saat bekerja di lapangan.

Perlu diketahui, warung gratis Si Jum ini mulai buka dari pukul 12:00 WIB hingga paket makanan yang disediakam habis. Masyarakat juga diperbolehkan makan ditempat dengan tetap menjaga protokol kesehatan, mengingat suasana pandemi Covid-19 masih berlangsung di Kota Depok.

“Semoga kita bisa menambah porsi makan untuk masyarakat dalam sehari. Seperti di Pancoranmas sudah berhasil menambah porsinya. Semua warung Si Jum akan ditambah, mohon doanya saja,” ungkap Humairoh.

Ia membeberkan, porsi makan yang disediakan secara gratis berkat dari beberapa donatur yang memang peduli pada sesama. Namun, bukan berarti tidak adanya donatur ke depan akan menghentikan aksi kemanusiaan Si Jum.

“Itu bukan patokan kita ya. Kalau donatur sudah tidak ada, kita akan berusaha untuk tetap menyediakan porsi makan. Pasti selalu ada jalan untuk kebaikan,” paparnya.

Humairoh juga menyampaikan kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir dengan kualitas bahan makanan, sebab seluruhnya dapat dipastikan baik dan segar. Sehingga menjamin kesehatan yang terkandung dalam setiap porsi makan.

Setiap masyarakat yang hadir untuk menyantap makanan gratis tidak perlu persyaratan apapun, hanya datang dan ambil makanan secukupnya yang telah disediakan pasukan Komunitas Si Jum.

“Tidak perlu syarat apapun, yang paling penting untuk kami adalah doa dari masyarakat biar gerakan kemanusiaan ini bisa terus berjalan, dan membantu sama lain,” tandasnya. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro