konter handphone ilustrasi
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Kelangkaan chip semikonduktor di tingkat global mulai berdampak ke Indonesia, yang akhirnya berujung pada harga handphone (HP) Smartphone naik.

Salah satunya adalah HP Xiaomi Indonesia yang sudah mengumumkan kebijakan baru yang berlaku sejak Selasa (12/10) pada akun Instagram resminya.

Ini terjadi pada empat smartphonenya dengan masing-masing kenaikan sebesar Rp 100 ribu. Empat ponsel yang naik adalah Redmi 9A, Redmi 9C, Redmi Note 10 5G dan Poco M3 Pro 5G.

Sebagai informasi Redmi 9A dan Redmi 9C tercatat sebagai HP Xiaomi paling laris di kuartal II-2021. Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan oleh Counterpoint beberapa waktu lalu.

Xiaomi menjelaskan, kenaikan harga pada empat ponselnya karena kelangkaan komponen yang terjadi secara global.

Sejauh ini baru Xiaomi yang mengumumkan kenaikan harga HP yang dipasarkan di Indonesia. Vendor lain seperti Samsung, Oppo, Vivo, Realme serta Apple belum ada pengumuman yang sama.

Kenaikan harga ini sudah diprediksi oleh Direktur Riset Forrester Research Glenn O’Donnell. Dia mengatakan kemungkinan harga naik lebih dari 10% pada akhir 2021 serta lebih tinggi lagi di tahun depan.

Melansir Straits Times, O’Donnell juga menambahkan kurangnya pasokan chip ini membuat harga lebih tinggi dan diserap oleh produsen serta diteruskan pada konsumen.

“Dengan demikian, harga untuk smartphone dan hampir semua hal lainnya sudah naik. Kami memperkirakan kenaikan ini akan melebihi 10% pada akhir tahun dan meningkat lebih tinggi lagi hingga 2022,” jelasnya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya