jantung berdebar

RADARDEPOK.COM – Tubuh manusia dirancang untuk memberikan berbagai reaksi terhadap stimulus dari luar. Saat jatuh cinta pun, tubuh juga dapat memberikan reaksi khusus, salah satunya jantung berdebar saat bertemu dengan seseorang yang disukai.

Ketika seseorang melihat orang yang disukai, tubuh akan mengalami gairah fisiologis secara keseluruhan. Biasanya, gairah ini akan dimulai dengan detak jantung yang berdebar cepat dan tubuh berkeringat.

Profesor dari Thomas Jefferson University Hospital di Philadelphia, Pennsylvania, Reginal Ho mengatakan, hal ini terjadi karena hormon adrenalin di dalam tubuh keluar. Dengan ini, secara otomatis otak akan melepaskan hormon dopamin, adrenalin, serotonin, estrogen dan testosteron secara bersamaan.

Saat seseorang bertemu orang yang disukai, hormon yang dilepasakan dari otak akan mengalir melalui darah dan menyebabkan jantung berebar lebih kuat. Inilah yang membuat seseorang selalu merasa deg-degan jika berhadapan dengan orang yang disukai.

Tak hanya berdebar, lutut pun kadang akan terasa lemas dan tak mampu berbicara. Tubuh pun akan memproduksi zat-zat oleh kelenjar adrenal. Contohnya, norepinefrin yang akan mengakibatkan kenaikan suhu tubuh. Di mana kejadian ini akan mengakibatkan pipi yang kemerahan.

Jantung berdebar saat melihat orang yang disukai menjadi salah satu tanda seseorang sedang jatuh cinta. Namun bagi sebagian seorang, kondisi ini juga bisa menunjukkan rasa kagum terhadap orang lain. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya