info cuaca
HUJAN PETIR : Arus lalu lintas Kota Depok dengan latar belakang langit mendung sebelum diguyur hujan deras disertai petir. ARNET/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Masyarakat Depok yang ingin menikmati akhir pekan, diminta untuk mempersiapkan diri karena hujan kencang disertai petir akan turun dari siang hingga malam hari.

Kepala BMKG Bogor, Indra Gustari memastikan, bila dalam satu pekan ke depan, Depok akan tetap diguyur hujan dengan intensitas tinggi yang disertai petir atau kilat. Bahkan di akhir pekan, Sabtu dan Minggu hujan yang terjadi di seluruh kecamatan akan mengguyur sejak siang, sore, sampai malam hari.

“Biasanya kalau hari libur banyak yang sama keluarga, kita mengimbau untuk siaga. Persiapkan kebutuhan perlengkapan sebelum hujan datang,” terangnya kepada Radar Depok, Kamis (28/10).

Bahkan, pihak BMKG mendeteksi prakiraan cuaca di Depok dari dinamika atmosfernya, citra satelit dan radar cuaca, menunjukan hujan lebat turun sejak Jumat sampai Minggu mendatang. Sehingga dilihat dalam enam hari ke depan, Depok terus diguyur hujan, tapi hujan dengan intensitas ringan terjadi pada Senin hingga Rabu pekan depan.

“Kalau pada Minggu nanti kemungkinan sepanjang hari cuaca bisa kelabu atau mendung, karena dari dini hari sampai pagi hari menunjukan berawan, baru akan disusul hujan deras dan petir,” ungkap Indra.

Lebih lanjut, Kepala BMKG ini menuturkan, suhu selama hujan berlangsung di Depok masih dalam tahap normal dari 22 derajat sampai 32 derajat. Lalu, untuk kecepatan angin 5 kilometer perjam sampai 35 kilometer perjam.

Indra menekankan, kecepatan angin tersebut masih dalam tahapan normal. Namun, kewaspadaan harus diperhatikan karena dapat menambah deras aliran sungai maupun kali sehingga berpotensi longsor karena menggerus tanah atau dinding turap.

“Hal lainnya, pasti bahaya akan pohon tumbang ya. Ini harus diperhatikan. Karena saya melihat kejadian beberapa waktu lalu di Depok, ini seyogyanya dijadikan pelajaran,” tegas Indra.

BMKG mendeteksi menghibau kepada masyarakat Depok untuk selalu pro aktif mencari informasi cuaca, mengingat Depok terus diguyur hujan beberapa waktu belakangan ini. Begitu juga oihak terkait, Dinas Damkar, Tagana, Satgas Banjir, sampai komunitas lingkungan harus aktif menginformasikan ke masyarakat dan antisipasi. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro