rsui
VAKSIN WNA : Seorang Warga Negara Asing (WNA) saat menerima vaksinasi di ruang Poli Melati, RSUI Kota Depok. ist

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Vaksinasi terus memperluas jangkauan hingga ke Warga Negara Asing (WNA). Upaya ini dilakukan RS Universitas Indonesia (RSUI) bersama Yayasan Wings Peduli, dengan jenis vaksinasi Astra Zeneca. Dimulai 26 Oktober hingga 29 Oktober.

Humas RSUI, Kinanti Utami menjelaskan, vaksinasi ini diprioritaskan bagi para WNA pengungsian, dengan melakukan pendaftaran melalui website resmi https://www.loket.com/event/sentravaksinasirsui-wings, yang pastinya tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Pastinya ini didukung sepenuhnya Kementrian Kesehatan, Pemprov hingga Pemkot Depok, tanpa ada pungutan biaya,” jelasnya pada keterangan resmi, Selasa (26/10).

Adapun syaratnya, kata Kinanti, tentunya ini untuk WNA yang sudah berusia 18 tahun dan sedang tidak mengandung. Lalu, harus mendaftar via online dengan membawa bukti pendaftaran saat mau menerima vaksinasi. Peserta juga wajib untuk membawa kartu identitas dari UNHCR pada hari vaksinasi.

“Tidak jauh berbeda ya dengan syarat vaksin lainnya. Seperti dalam keadaan sehat, bila ada penyakit penyerta harus menyertai surat keterangan dokter,” tambah Kinanti.

Selanjutnya, bagi penyintas covid dengan gejala ringan dapat dilakukan vaksinasi dengan jarak satu bulan sejak negatif atau selesai isolasi mandiri. Untuk penyintas dengan gejala sedang sampai berat vaksinasi tetap dilakukan dengan jarak tiga bulan sejak negatif.

“Pakai baju longgar di area lengan biat memudahkan petugas. Penyelenggara berhak menolak jika peserta tidak memenuhi syarat dan ketentuan,” ungkapnya.

Lokasi vaksinasi ada dua, pertama Poli Melati, yang berada di Gedung Parkir RSUI Lantai 1. Kedua, Drive Thru di Gedung Parkir RSUI, hal ini diperuntukan bagi khusus peserta dengan kendaraan roda empat dan kuotanya terbatas. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro