thamrin
Kepala Disnaker Kota Depok, Mohammad Thamrin.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok mencatat, selama 9 bulan di 2021 sebanyak 1.111 pekerja yang didominasi latar belakang pendidikan tingkat SMA/K sudah terserap lapangan kerja. 

Angka tersebut meningkat lebih dari 40 % jika dibandingkan tahun sebelumnya yakni 754 orang

Kepala Disnaker Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan< berbagai upaya terus dilakukan untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Depok lantaran terus bertambahnya angkatan kerja di setiap tahun. Ditambah lagi, efek dari merebaknya pandemi virus Korona. 

“Kami menyiapkan tenaga kerja terampil sesuai minat dan bakat mereka, melalui kegiatan pelatihan-pelatihan. Sehingga dapat meningkatkan kompetensi ketika masuk ke dunia kerja,” ujarnya kepada Radar Depok, Minggu (07/11). 

Dia menyebut, pihaknya menargetkan peningkatan penyerapan tenaga kerja sebesar 40 % pertahun. Kemudian, para pencari kerja diarahkan untuk membuat kartu kuning atau AK1 yang berfungsi untuk pendataan para pencari kerja. 

Pada umumnya pekerja yang memiliki latar belakang pendidikan tingkat SMA/K terserap pada beragam industri seperti retail (Alfamart, Indomart, Hypermart, dan Ace Hardware), pabrik (tokai, ykk, sakti), dan masih banyak lagi. 

“Alhamdulillah naik jika dibandingkan tahun sebelumnya. Kita lihat, data penyerapan Januari sampai September 2020 sebanyak 754 orang terserap di dunia kerja, dan ditargetkan sampai Desember 2021 mencapai 1.396 orang,” tutupnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya