sosialisasi haji
INFORMASI HAJI : Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Depok, Hasan Basri didampingi Kepala Kemenag Depok H Asnawi ketika menyampaikan informasi keberangkatan Haji di Tahun 2022, berlangsung di Balai Sarmili, Kecamatan Sukmajaya. ist

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok melakukan sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji kepada 100 orang pemuka Agama yang berlangsung di Balai Sarmili, Kecamatan Sukmajaya.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Depok, Hasan Basri menerangkan penyuluh agama yang mengikuti sosialisasi ini meliputi, unsur KUA, Penyuluh Agama serta unsur Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

“Ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait pembatalan pemberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1442 H/2021 M,” terangnya, Rabu (3/11).

Selain itu, kata Hasan, pertemuan yang berlangsung dengan standar prokes juga meminta kepada 100 orang pemuka agama untuk menyampaikan ke masyarakat informasi yang utuh tentang keberangkatan haji yang selama dua tahun ini ditunda.

“Sekaligus kira berikan merencanakan ibadah haji di tahun 2022 mendatang ya. Masyarakat harus diberitahukan informasi yang mencerahkan karena menjelang tahun 2022,” ungkap Hasan.

Sementara Kepala Kemenag Depok, H Asnawi menerangkan, meski selama dua tahun penyelenggaraan haji tidak terlaksana tapi seluruh aparatur serta unsur yang terkait tetap harus bahu membahu untuk memastikan kesiapan pemberangkatan jemaah haji kota Depok di tahun 2022.

Hal ini karena kesiapan tersebut adalah bagian terpenting dari sebuah proses, sehingga masyarakat atau jemaah mengerti mengapa di tahun 2020 dan 2021 tidak dapat menunaikan ibadah haji.

“Jadi kita kasih pemahaman. Lalu kita jelaskan harapan ke depan, di tahun depan bisa menunaikan ibadah haji,” terang Asnawi

Selain sosialisasi yang dilakukan Kemenag bersama 100 pemuka agama, juga mengiformasikan terkait azas dalam proses penyelenggaraan ibadah haji yaitu Pelayanan, Bimbingan dan Perlindungan. Misalnya pada sisi pelayanan, pendaftaran haji yang tetap di buka walaupun dalam masa PPKM hingga inovasi yang dilakukan Pemerintah selama ibadah haji tidak boleh dilakukan.

“Kita minta untuk semua aparatur memberikan informasi positif dan benar kepada masyarakat tanpa menambahkan atau mengurangi informasi,” pinta Asnawi.

Dalam kegiatan ini, menghadirkan pemateri dari Pemerintah Kota Depok dan Ketua KBIH Tingkat Provinsi Jawa Barat yang membahas terkait dengan persiapan dan kesiapan dalam menghadapi pemberangkatan jemaah haji tahun 2022, dengan harapan sudah bisa di laksanakan kembali. Tentunya, sambil menunggu kebijakan dari Pemerintah Pusat terkait Haji. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro