disdik
FOKUS : Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) SD Negeri Se-kota Depok di Balairung Dwidjosewojo Hotel Bumi Wiyata, Selasa (2/11). DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menggelar pelatihan kepada ratusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru SD Negeri di Hotel Bumi Wiyata, Selasa (2/11). Hal ini tak lain untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik serta kualitas pendidikan di Kota Depok.

Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar (PTK SD). Bidang Pembinaan SD, Disdik Kota Depok, Syahril Simamora mengatakan pasca seluruh Guru yang lolos seleksi PPPK (P3K) pada 2020 silam, dan mendapatkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Pemerintah. Para tenaga pendidik tersebut kini digenjot untuk meningkatkan kapasitas mereka selama berlangsungnya proses belajar mengajar.

Kegiatan ini dalam rangka peningkatan kinerja guru P3K Guru khususnya SD Negeri se-Kota Depok selama dua hari di Hotel Bumi Wiyata dengan protokol kesehatan. Alhamdulillah seluruh guru P3K SD Negeri sebanyak 130 orang sangat antusias mengikutinya,” ujarnya kepada Radar Depok, Selasa (2/11).

Syahril menyebutkan, pelatihan itu digelar selama dua hari, 2-3 November 2021, sejumlah materi yang disampaikan meliputi orientasi agar memandang siswa menjadi subjek, bukan objek pembelajaran.

Lalu, bagaimana memacu para guru P3K yang mengajar di berbagai mata pembelajaran agar dapat menjadi tenaga pendidik profesional, Sosialisasi Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), Keterampilan Penyelesaian Masalah dan Pengambilan Keputusan, serta Menjadi Agen Perubahan di Lingkungan Kerja.

Kemudian, bagaimana melatih mereka untuk mengendalikan emosi ketika mengajar. Karena P3K sudah mendapatkan SK pengangkatan di tahun ini dan sudah aktif mengajar setelah itu. Semoga dengan adanya pelatihan ini bisa memotivasi para Guru P3K sehingga tingkat kualitas pendidikan di Kota Depok meningkat,” bebernya.

Terpisah, Ketua Koordinator Daerah Front Pembela Honorer Indonesia (FPHI) Kota Depok, dan juga PPPK Guru SD Negeri, Jujun Rosadi mengungkapkan sebetulnya materi yang disampaikan oleh pemateri bukanlah asing bagi tenaga pendidik. Tetapi, mengingatkan atau reminder saat mengajar di tempatnya masing-masing.

Ya sebagai pencerahan lah bagi kami, apalagi dibalut ayat-ayat Alquran dan hadits agar kita selalu ingat akan kewajiban kita serta profesional dalam menjalankan tugas. Kami menyambut baik bentuk perhatian dari Pemerintah Kota Depok melalui disdik,” tandasnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro