profesi unik romawi

RADARDEPOK.COM – Nenek moyang kita hidup dalam pola dan gaya hidup, dan kebiasaan yang berbeda jauh dengan zaman sekarang. Hal itu berpengaruh pada serta profesi yang ditekuni dengan yang kita lakukan sekarang ini.

Bahkan profesi-profesi yang kerap terdengar aneh,  dan sudah banyak yang punah. Karena perkembangan sosial dan teknologi, membuat pekerjaan-pekerjaan tersebut tak dibutuhkan lagi di tengah-tengah masyarakat kita.

Berikut pekerjaan aneh yang dulu dilakukan oleh masyarakat kuno tersebut :

1. Pelumur minyak ke tubuh atlet

Profesi ini dikenal dengan istilah gymnasiarch dan terkenal di masa kejayaan Yunani Kuno.  Dalam bahasa Yunani, gymnasiarch bisa diartikan sebagai pemimpin yang memiliki tugas khusus, atau bisa pula diartikan sebagai pelatih atlet.

Salah satu tugas gymnasiarch adalah melumuri tubuh atlet yang akan bergulat atau berlaga di arena, juga membersihkan arena selepas pertandingan usai. Yang bisa menjadi gymnasiarch adalah laki-laki yang berusia 30 hingga 60 tahun.

Salah satu keistimewaan profesi ini adalah mereka diperbolehkan membawa tongkat dan memukulkannya ke para atlet jika ada atlet yang bertingkah laku tak benar.

2. Pengumpul tinja

Di masa kejayaan Romawi belum ada sistem pembuangan air yang secanggih masa kini. Bahkan rumah-rumah pun belum mengenal toilet tempat masyarakat bisa membuang kotorannya ke saluran yang benar.

Baca Juga : Pelaku Penusukan TNI di Depok Naik Persidangan

Pemilik rumah pun enggan jika harus mengurusi kotorannya sendiri karena tak tahan dengan bau dan ancaman penyakit yang mungkin ada.

Karena masalah inilah, lahirlah profesi pengumpul tinja dari rumah ke rumah. Pekerja ini akan mengetuk rumah-rumah dan mengumpulkan kotoran yang ada.

Melansir dari Listverse, nantinya kotoran tersebut akan dilimpahkan ke para petani untuk digunakan menjadi pupuk.

3. Badut pemakaman

Profesi ini juga berkembang hanya di kebudayaan Romawi. Ketika ada pemakaman, seseorang akan berdandan mirip orang mati, mengenakan topeng dan kemudian menari.

Masyarakat Romawi kuno percaya bahwa tarian ini, badut ini, akan melestarikan semangat dari arwah orang yang sudah meninggal.

Sehingga keluarga yang ditinggalkan akan merasa tenang dan terhibur. Sepanjang pemakaman badut yang bertingkah laku mirip orang yang sudah meninggal tersebut akan menari dan berlarian bersama badut yang lain mengelilingi tubuh orang yang akan dimakamkan.

Pekerjaan ini sangat dihargai, sehingga mendapatkan bayaran yang tinggi.

4. Penganalisa bau napas

Profesi ini dibutuhkan oleh pabrik makanan dan obat di zaman dulu. Sesuai namanya, pekerja ini akan membaui aroma napas orang yang mencoba mengonsumsi produk makanan dan obat terbaru milik sebuah pabrik.

Profesi ini banyak dibutuhkan terutama oleh produsen pembuat permen karet atau obat kumur.

Baca Juga : Prevalensi Stunting Kota Depok Capai 4,7 Persen

Tak seperti keempat profesi lainnya yang sudah punah, profesi ini dinyatakan masih ada hingga sekarang.  Selain penganalisa napas manusia, ada pula profesi yang bertugas menganalisa bau napas dari seekor anjing.

5. Penjaga burung gagak

Di masa pemerintahan Raja Charles II, seluruh masyarakat Inggris memiliki kepercayaan bahwa Menara London harus dilindungi oleh 6 burung gagak atau Kerajaan Inggris akan runtuh.

Karena kepercayaan inilah maka lahirlah para penjaga burung gagak yang akan melindungi dan memberi makan keenam burung gagak yang melindungi menara tersebut.

Mengutip dari History.co.uk, selain bertugas memberi makan, para penjaga ini juga akan memastikan burung gagak tersebut tidak terbang dan berkeliaran terlalu jauh dari posisi menara. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya