cara merawat gitar

RADARDEPOK.COM – Jika memiliki gitar, jangan hanya sekedar memikirkan untuk memainkan lagu-lagu atau nada saja, tetapi pemilik gitar juga tentunya harus memikirkan bagaimana cara merawat alat musik tersebut dengan baik.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga atau merawat gitar dengan baik, yang tentunya agar kualitas suara dan materialnya tetap bagus.

Berikut cara-cara merawat gitar dengan baik. Simak di sini.

1. Simpan di tempat yang memiliki suhu ideal

Gitar adalah alat musik yang kerap dimiliki banyak orang. Namun, banyak orang masih tabu dengan tata cara merawat gitar.

Gitar sebaiknya disimpan pada suhu yang ideal, berkisar antara 15 sampai 28 derajat celcius.

Hindari juga suhu yang terlalu tinggi karena biasanya lem pada gitar justru akan mencair. Hal tersebut justru akan membuat beberapa bagian gitar saling melepaskan diri.

2. Kelembaban udara

Kelembaban ideal untuk gitar adalah 35 sampai 55 persen. Untuk mendapatkan kelembaban yang baik pada gitar, cukup meletakannya di ruangan ber-AC.

3. Membersihkan gitar dengan benar

Kebanyakan gitar yang diproduksi Indonesia merupakan hasil dari produksi pabrik. Hal itu tidak dapat dipastikan gitar memiliki lantunan suara yang baik.

Biasanya, dalam pembuatan gitar-gitar seperti itu dibutuhkan cairan kimiawi untuk hasil penyelesaiannya.

Untuk gitar dengan hasil akhir menggunakan bahan kimiawi ini diperbolehkan sesekali membersihkannya dengan pembersih instrumen yang biasa dijual di pasaran.

4. Pemakaian senar yang tepat

Pada gitar sebaiknya dilarang untuk menggunakan senar baja atau steel string. Pada senar baja memiliki tarikan yang lebih besar ketimbang nylon.

5. Hindari melakukan hal aneh pada gitar

Banyak yang beranggapan, salah satu cara merawat gitar bisa dilakukan dengan mengolesinya minyak kayu putih, dijemur, hingga diberikan merica pada lubang.

Hal itu kerap dicontoh banyak orang. Namun, bukan berarti hal itu benar. Hal itu nyatanya hanya merusak gitar dan tidak dapat memberikan suara yang diinginkan.

Kualitas gitar akan sangat bagus apabila memang membeli gitar dengan pembuatan dan bahan dasar yang terbaik. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya