tanaman obat di depok
KERJA BAKTI : pengurus dan jajaran RT04/RW20, Kelurahan Abadijaya saat melakukan penanaman apotik hidup. FOTO : GERARD/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, ABADIJAYA – Demi menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan asri, warga RT04/20, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, mereka melakukan kegiatan penanaman apotik hidup di akses permukiman warga.

“Kami mulai menyadari betapa pentingnya akan keberadaan jenis tanaman obat yang di tanam di lahan kosong ini,” kata Ketua RT04, Iskandar Zulkarnaen, Senin (29/11).

Menurut Iskandar, pihaknya mulai melakukan penanaman apotik hidup ke berbagai tempat agar lahan kosong itu di wilayahnya terisi dengan tanaman obat.

“Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan aspek penting dalam mendukung terciptanya lingkungan yang asri, sehat dan nyaman,” sebutnya.

Dia menerangkan, selain dapat memberikan manfaat kesehatan dan estetika, RTH di lingkungan juga dapat bermanfaat sebagai sarana edukasi tentang pentingnya penghijauan di lingkungan.

“Banyak manfaat tanaman apotik hidup, selain dapat dinikmati keindahannya dan untuk penghijauan lingkungan, ternyata tanaman ini bisa dijadikan obat untuk warga yang membutuhkan,” ungkap Iskandar.

Lebih dalam, beber Iskandar, pada kesempatan tersebut masing-masing warga membawa tanaman obat. Kedepannya, mereka pula yang akan merawatnya.

“Jenis apotik yang kita tanam apotik hidup seperti, siri, kunyit, lengkuas, daun salam jahe merah, jeruk nipis, jeruk purut, kumis kucing buah pala, jawer kotok, ini yang membuat saya bisa membantu warga kalau ada yang perlu obat,” terangnya.

Warga setempat, Hendro menuturkan, mengapresiasi langkah dan inovasi Ketua RT yang baru terpilih itu. Menurut dia, program yang diadakan Iskandar sangat berdampak positif bagi lingkungan.

“Saya salut sama pak RT Iskandar, ngadian kebersihan dan nanam pohon apotik hidup, dia ikut menanam pohon apotik itu,” ujarnya. (rd/cr1)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya