DBD di sukmajaya
CEGAH DBD : Lurah Sukmajaya Yedi saat membuang genangan air yang di ruang kerjanya, Rabu (24/11). FOTO : GERARD/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Memasuki musim hujan, Lurah Sukmajaya, Yedi mengimbau warganya untuk menerapkan langkah pencegahan terhadap penyakit DBD dengan cara Menutup tempat penampungan air, Menguras tempat penampungan air, dan Mengubur barang bekas (3M).

“Mari kita cegah penyakit DBD dengan 3M, menutup genangan air, menguras tempat yang berisi air dan mengubur sampah,” kata Yedi kepada Radar Depok, Rabu (24/11).

Yedi menerangkan, sampai saat ini pihaknya belum mendapat laporan dari masyarakat terkait adanya temuan penyakit DBD di wilayahnya. Oleh karena itu, pihkanya belum dapat melakukan pengasapan atau fogging.

“Sejauh ini, belum ada yang melaporkan kepada kami. Kita tidak boleh menyalahi aturan, harus ada kasusnya baru bisa dilakukan fogging. Kan asapnya berbahaya,” tutur Yedi.

Karena itu, Yedi meminta masyarakat di wilayahnya memperkuat Juru Pemantau Jentik (Jumantik) sampai ke akar rumput yakni masing-masing rumah warga.

“Kami minta untuk diperkuat Jumantik nya di setiap rumah,” ujarnya.

Baca Juga : Wujudkan Indonesia Produksi Mobil Listrik, Jokowi Hentikan Ekspor Bahan Mentah

Menurut Yedi, selain DBD, penyakit lainnya juga rentan terjadi selama masa musim hujan ini. Untuk itu, dia berharap masyarakat tetap menerapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS).

“Jadi tidak hanya DBD saja ya, penyakit lainnya juga rentan terjadi di musim hujan, jadi kita harus tetap waspada,” tutupnya. (rd/cr1)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya