museum santet cirebon
Museum Santet di Cirebon.

RADARDEPOK.COM, CIREBON – Di daerah Wisata Telaga Langit, Cirebon baru-baru ini menarik perhatian publik lantaran ada sebuah museum antik, yakni Museum Santet.

Museum tersebut, telah diresmkan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum pada Senin (18/10).

Mulanya, museum ini dirintis oleh Ustaz Ujang Busthomi atau biasa dipanggil Kang Ujang dan dibuka untuk pertama kali pada 21 Oktober 2021.

Menurut Ujang Bustomi, Museum Santet Cirebon memiliki tujuan mengingatkan manusia harusnya takut Kepada Allah SWT, bukan hal-hal klenik, gaib, santet, dan takut setan.

Di dalam museum, wisatawan akan melihat adanya berbagai macam boneka berkain putih yang digantung secara acak. Ada juga boneka berbentuk mirip pocong yang ada di setiap sudut anak tangga.

Suasana horor semakin menyelimuti museum karena boneka-boneka santet sengaja dipasang untuk menunjukkan adanya ilmu hitam yang biasa dilakukan untuk melakukan praktek gaib.

Kang Ujang berkata bahwa boneka-boneka ini sebenarnya tidak ada apa-apanya. Di museum ini juga telah dipasang sejumlah papan yang menyampaikan pesan dakwah seperti shalawat, nasihat untuk perbaiki salat dan sebagainya.

Selain itu, terdapat sebuah ruangan di tengah museum yang ditutup dengan kelambu merah muda. Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, museum santet ini diharapkan bisa membuat perekonomian masyarakat lebih baik.

Uu juga ingin Jawa Barat tidak hanya meningkat secara ekonomi, namun juga ada unsur pemerataan dan keadilan. Salah satunya dengan memanfaatkan potensi wisata yang ada, termasuk di Talaga Langit, Cirebon. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya