bnn
SHARING: live streaming Remaja Teman Sebaya Kota Depok dengan Cegah Narkoba Streaming (CNS) BNN RI, Rabu (3/11). DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Melihat kecenderungan remaja yang lebih dekat dengan teman sebaya. Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Depok meluncurkan program Teman Sebaya Anti Narkoba menumbuhkan dan meningkatkan ketahanan diri seorang remaja.

Penyuluh Narkoba Ahli Muda, BNNK Depok, Anna Maria Susanti dalam live streaming Remaja Teman Sebaya Kota Depok dengan Cegah Narkoba Streaming (CNS) BNN RI, channel streaming BNN RI mengatakan saat ini, remaja turut berperan aktif dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Yang dimulai dari orang terdekat seperti teman sebanyanya.

“Latar belakang diluncurkannya program ini adalah kecenderungan dari para remaja saat ini yang lebih dekat kepada teman sebayanya dibanding kepada orangtua maupun guru,” ujarnya, Rabu (3/11).

Anna menyebut, pada program Teman Sebaya Anti Narkoba, BNNK Depok akan memberikan pembekalan mengenai materi ketahanan diri kepada 10 orang remaja di Kota Depok. Guna menumbuhkan dan meningkatkan Ketahanan Diri mereka.

“Selanjutnya dilakukan Training of Trainee kepada 2 orang dari 10 Remaja Teman Sebaya Kota Depok, yang nantinya 2 orang ini akan menjadi Fasilitator dalam kegiatan Pembentukan Remaja Teman Sebaya berikutnya, ” bebernya.

Dalam live streaming tersebut, turut hadir pula 2 orang remaja Kota Depok yang telah dilatih menjadi Fasilitator, yakni Rifqi Ibnu Rozan, pelajar SMP Mizan Depok dan Anisa Nurul Janah pelajar MAN 13 Jakarta. Ibnu sapaanya, menyampaikan ketertarikannya atas program baru gagasan BNNK Depok. Terlebih, para penyuluh mengemasnya dengan menarik sehingga membuat tidak cepat jenuh.

“Program Remaja Teman Sebaya ini hal yang baru buat saya, sangat menarik, interaktif dan pas sekali untuk para remaja,” tutunya yang jug merupakan perwakilan dari Forum Anak Cipayung.

Senada dengan Ibnu, Anisa yang merupakan perwakilan dari Forum Genre Pancoranmas menambahkan sebetulnya program kali ini tak jauh berbeda dengan Konselor Sebaya. Hanya saja, Program Teman Sebaya Anti Narkoba ini memberikan semangat agar lari dari masalah dengan obat-obatan terlarang.

“Memang dalam program Remaja Teman Sebaya, kita benar-benar diajak untuk mengenali diri kita terlebih dahulu. menyadari bahwa sebagai seorang remaja dengan berbagai permasalahannya tidak berarti bahwa kita harus menyerah dengan kondisi kita, justru harus mampu untuk membangun konsep ketahanan diri hingga pada akhirnya kita mampu untuk mengatasi permasalahan tersebut,” tandasnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro