walikota depok
DIKUNJUNGI WALIKOTA : Walikota Depok, Mohammad Idris berserta beberapa kepala OPD menyambangi lokasi vaksinasi di Kecamatan Bojongsari, belum lama ini. Turut mendampingi, Camat Bojongsari, Dede Hidayat. INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Kota Depok tak henti-hentinya mengakurasi capaian vaksinasi di setiap kecamatan. Selasa (16/11) misalnya, dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dan tak henti menyosialisasikan memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak aman saat beraktivitas di luar rumah, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama (6M). Pelaksanaan pendataan vaksinasi di Kecamatan Bojongsari Kota Depok, ternyata sudah menyuntik 60.559 warga.

Sukses vaksinasi tersebut tak terlepas peran dari TNI, kepolisian dan UPT Puskesmas melakukan optimalisasi pendataan warga yang sudah tervaksinasi.

Camat Bojongsari, Dede hidayat mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar terciptanya herd immunity di Bojongsari dan Kota Depok. Jadi, sambil vaksinasi, kini pihaknya juga mendata capaian vaksin. Dari data tersebut progres pendataannya sudah mencapai 63 persen.

“Data capaian ini masih akan terus bertambah seiring berjalannya proses pendataan,” ujarnya kepada Harian Radar Depok, Selasa (16/11).

Dede menjelaskan, pendataan dengan mendatangi rumah-rumah warga. Dia pun berharap kegiatan yang sedang berlangsung berjalan lancar dan selesai dengan cepat, sehingga segera diketahui jumlahnya secara pasti.

Lebih lanjut, ujar dia, bagi warga yang belum divaksin bisa segera memanfaatkan gerai-gerai vaksin yang tersedia. Saat ini di kelurahan maupun lingkungan RW gencar mengadakan kegiatan vaksinasi.

“Warga bisa segera memanfaatkan agar segera tervaksinasi Covid-19. Kami sekalian mendata sekaligus melakukan sosialisasi 6M. Karena Virus Korona belum habis,” tegasnya.

Sementara, Kepala Divisi Penanganan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Sri Utomo mengatakan, pasien sembuh terus bertambah setiap harinya. Berdasarkan data Selasa (16/11), pasien sembuh bertambah sudah 103.193 orang. Pada data tersebut, jumlah pasien aktif sisa 227 orang. Jumlah total pasien aktif kini 105.580 orang. Alhamdulillah, kasus kematian masih tetap dengan total 2.160. “Sudah beberapa hari nol kasus kematian,” terangnya.

Dalam upaya menekan seluruh kasus Covid-19, Pemkot Depok mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga prokes 6M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak aman saat beraktivitas di luar rumah, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

“Selain itu, Pemkot Depok juga meminta masyarakat untuk menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan menjaga pola makan, berolahraga dan istirahat yang cukup,” tandasnya.(rd)

Editor : Fahmi Akbar