smpn 2
COVID-19 PTMT: Seorang guru sedang menjalani swab test di lingkungan sekolah SMP Negeri 2 Depok, akibat ada penambahan kasus Covid-19 sebanyak 7 orang.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kasus terkonfirmasi Covid-19 di SMPN 2 Depok bertambah menjadi kini delapan orang. Rinciannya, lima siswa (termasuk 1 siswa yang awal terkonfirmasi) dan tiga guru. Hal ini membuat 66 guru dan karyawan harus menjalani tes swab guna melakukan pelacakan dan antisipasi pencegahan.

Wakil Humas SMPN 2 Depok, Budiyanti menerangkan, penambahan tersebut dari hasil tes swab yang dilakukan Rabu (3/11) dan Kamis (4/11). Kelima siswa yang terpapar berasal dari kelas 9E, teman sekelas siswa yang terlebih dulu terpapar Covid-19. Lalu, tiga guru juga dinyatakan positif usai hasil swab tes keluar.

“Seluruh yang positif itu tidak bergejala, jadi masuk dalam OTG. Tidak ada tanda apapun. Tapi hasilnya positif,” katanya kepada Radar Depok.

Ia menerangkan, penambahan tersebut membuat Satgas Kota Depok melalui Puskesmas dan Dinas Kesehatan melakukan swab tes kepada 66 orang, baik guru maupun karyawan. 53 guru dan karyawan telah menjalankan tes swab, Sabtu (6/11). 13 orang lain, akan menjalani tes serupa, Senin (8/11).

“Hasilnya sudah keluar tapi belum dapat dinformasikan, karena menunggu sampai nanti tes swab hari Senin. Biar mengetahui secara keseluruhan,” papar Budiyanti.

Guru dan siswa yang positif, telah menjalani isolasi mandiri untuk mengantisipasi penyebaran, terutama di keluarga. Sampai saat ini, Satgas masih menelusuri dari mana penularan terjadi yang menimpa siswa maupun guru tersebut. Kemungkinan menular dari siswa yang telah lebih dulu terpapar.

Budiyanti menambahakan, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui apa kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di SMPN 2 akan diperpanjang pemberhentian aktifitasnya atau tidak, masih menanti hasil 66 orang yang diswab.

“Sejauh ini belum ada kepastian, kami masih menutup kegiatan PTMT sampai Rabu besok. Tapi adanya penambahan kasus akan diperpanjang penutupannya atau tidak kami belum tahu,” tambahnya.

Dilokasi berbeda, Walikota Depok, Mohammad Idris membenarkan, telah melakukan swab tes massal kepada sekolah yang terjadi kasus Covid-19, termasuk SMPN 2.

“Iya kami masih menunggu hasil test di sekolah yang melakukan PTMT. Semoga hasinya membahagiakan kita. Ini masih dalam proses tracing sekarang, hasil PCR-nya nanti kita lihat,” tandasnya usai melakukan giat di Kecamatan Sukmajaya. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro