jumlah motor
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Motor roda dua adalah salah satu kendaraan yang paling populer di dunia. Biasanya di dalam satu rumah tangga, terdapat minimal satu motor bahkan sampai lebih.

Selain mudah untuk jalanan kecil, motor juga digunakan untuk menghindari kemacetan di beberapa negara. Bahkan saking banyaknya motor, kemacetan juga bisa disebabkan oleh pengendara motor.

Meskipun tidak terbebas dari hujan, motor menjadi pilihan kendaraan yang perlu dimiliki meskipun dari golongan masyarakat menengah bawah.

Kemudian, negara mana saja dengan pengendara motor terbanyak di dunia? Apakah Indonesia termasuk penyumbangnya? Berikut ulasan yang dlansir dari World Atlas :

Vietnam

Sepeda motor adalah alat transportasi paling populer di Vietnam. Negara dengan populasi lebih dari 90 juta orang dan ada sekitar 45 juta sepeda di negara ini, dengan 86% rumah tangga memiliki setidaknya satu.

kendaraan roda dua terus tumbuh meskipun ada penjualan tentang pasar yang jenuh. sebagian besar jalan di ibu kota Hanoi telah diambil alih oleh sekitar 5 juta sepeda motor.

Baca Juga : https://www.radardepok.com/2021/11/ini-pesan-wagub-jawa-barat-saat-tinjau-ke-sman-3-depok/

Banyaknya motor di jalan dan kemacetan yang ditimbulkan, pemerintah Vietnam berencana untuk mengurangi jumlah sepeda motor di jalan.

Thailand

Jalan-jalan di Thailand dipenuhi dengan sepeda dari semua merek dan desain yang menuju ke arah yang berbeda.

87% Rumah tangga di negara ini memiliki setidaknya satu sepeda motor. Dengan 18 juta rumah tangga, setidaknya ada 15 juta sepeda motor di negara ini.

Menurut BBC, ada hingga 20 juta sepeda motor terdaftar di negara ini dan satu juta lebih yang tidak terdaftar.

Thailand juga memiliki kematian akibat kecelakaan sepeda motor tertinggi di dunia dengan rata-rata 5.000 kematian. Data tersebut menunjukkan dalam kurun waktu sepanjang 2019.

Indonesia

Ya, Indonesia termasuk pada negara yang memiliki pengendara sepeda motor terbanyak di dunia. Sekitar 15 juta sepeda motor melewati kota setiap hari dibandingkan dengan hanya 5 juta mobil. Secara umum, Indonesia merupakan pasar sepeda motor dan skuter terbesar di dunia.

Menurut survei yang dilakukan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, ada sekitar 80 juta sepeda di tanah air. Sekitar 85% rumah tangga memiliki sepeda motor dan menggunakannya sebagai alat transportasi utama bagi seluruh anggota keluarga. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya