dekranasda
BERI SEMANGAT : Walikota Depok, Mohammad Idris saat memberikan sambutan, acara pelantikan Dekranasda Kota Depok periode 2021-2026, di Gedung Dibaleka II Lantai 10, Rabu (10/11). DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok periode 2021-2026 akhirnya resmi dilantik. Berdasarkan Surat Keputusan Dekranasda Provinsi Jawa Barat Nomor: 21/SK/ Dekranasda/ IX/ 2021 tentang Pengesahan Pemberhentian Dan Pengangkatan Pengurus Dekranasda Kota Depok Tahun 2021-2026.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida mengatakan sebagai sebuah organisasi, tentunya kepengurusan periode baru ini akan mengemban amanah. Selain itu, selaku mitra kerja pemerintah, kehadiran Dekranasda bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa yang tercermin dalam bentuk kerajinan.

“Dengan dilantik dan dikukuhkannya pengurus Dekranasda Kota Depok ini, kita jadikan inspirasi demi majunya kerajinan Kota Depok yang mendukung kepariwisataan. Dengan semangat tersebut, maka diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan kesejahteran pengrajin,” ujarnya kepada Radar Depok, Rabu (10/11).

Elly menyebut, sejumlah pameran telah difasilitasi dan dikembangkan untuk mendongkrak kualitas produk-produk asal Depok. Meliputi Pekan Kerajinan Jawa Barat serta Inacraf.

Disamping itu juga, Dekranasda Depok turut memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM melalui pelatihan workshop bekerja sama dengan beberapa toko modern. Termasuk, menggandeng lembaga Indonesia in Your Hand guna mempromosikan produk UMKM ke luar negeri.

“Semoga setelah terbentuknya pengurus Dekranasda ini, perkembangan sektor kerajinan Kota Depok dapat lebih maju dan membawa kesejahteraan bagi para pelakunya,” tandasnya.

Sementara itu, Walikota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan ke depan pihaknya akan menyelenggarakan pameran-pameran produk Dekranasda Kota Depok. Kegiatan ini guna memfasilitasi para penggiat kerajinan.

“Kita akan buat gebyar, kita buat pemeran produk-produk kreatifitasnya Dekranasda, nanti dibuat acaranya, simple murah tapi wow gitu, itu yang kita inginkan,” ungkapnya.

Menurut Idris, penggurus Dekranasda juga diharapkan mampu melakukan koordinasi dengan seluruh Perangkat Dinas (PD) yang ada di Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Semua itu demi perkembangan produk asal Kota Depok hingga tingkat nasional maupun internasional.

“Koordinasi ke semua dinas bukan hanya dengan Dinas Perdagangan saja, tapi termasuk Diskominfo, Diskominfo dari sisi informasi dan komunikasinya, dari sisi wisatanya Disporyata, dari sisi Disnaker mengenalkan kepada perusahaan-perusahaan,” tandasnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro