serah terima bantuan kostrad
SERAH TERIMA : Dandenma Divif 1 Kostrad, Letkol Inf. Widirahman (kiri) sedang melakukan serah terima rumah kepada Nurmakim dan keluarganya, didampingi Lurah Pabuaran Mekar, H. Nurhaman (paling kanan), dalam kegiatan penutupan progran Karya Bakti TNI, yang dilakukan Denma Divif 1 Kostrad. 

RADARDEPOK.COM, CILODONG – Satuan Detasemen Markas (Denma) Divisi Infanteri (Divif) 1, Kostrad Cilodong, melaksanakan upacara penutupan kegiatan Karya Bakti TNI Tahun Anggaran 2021, sekaligus serah terima kunci rumah kepada pemilik rumah yang sudah selesai direnovasi satuan ini. 

Dandenma Divif 1 Kostrad, Letkol Inf. Widi Rahman mengatakan dengan selesainya proses renovasi rumah milik Nurmakim, di Kampung Bedahan, RT08/02, Kelurahan Pabuaran Mekar, Kecamatan Cibinong ini, berarti berakhir pula kegiatan Karya Bakti TNI yang dilaksanakan satuannya. 

“Harapan kami, setelah direnovas rumah pak Nurmakim ini menjadi layak untuk dihuni dia dan keluarganya,” kata Letkol Inf. Widi rahman, Minggu (27/11). 

Dia mengungkapkan, satuanya selalu siap dan bersemangat dalam melaksanakan tugas Karya Bakti TNI ini, sebab selain memiliki fungsi sebagai pasukan perang  untuk menjaga kedaulatan negara, Denma Divif 1 Kostrad juga mempunyai tugas pokok non perang, yaitu pembinaan teritorial dalam bentuk Karya Bakti TNI. 

“Ada tiga metode dalam pembinaan teritorial, salah satunya Karya Bakti TNI ini, baik dari kegiatan fisik seperti renovasi rumah tidak layak huni (RTLH), maupun kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dan pembinaan terhadap masyarakat agar menambah wawasan masyarakat mengenai Bangsa kita ini agar tetap kokoh dan berdaulat,” tuturnya. 

Tak lupa, dia juga mengapresiasi seluruh pihak yang ikut serta membantu pelaksanaan Karya Bakti Ini, mulai dari Aparatur Kelurahan Pabuaran Mekar, RT dan RW, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat, dan seluruh organisasi masyarakat yang terlibat. 

“Saya mewakili pimpinan Divif 1 Kostrad, mohon maaf terlebih dahulu, karena belum bisa menyentuh banyak masyarakat yang membutuhkan, karena keterbatasan kami.  Mohon maaf juga jika dalam  20 hari pelaksanaan pembangunan, mungkin ada hal – hal yang kurang berkenan dalam pergaulan anggota kami dengan masyarakat,” bebernya. 

Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi implementasi dari semboyan TNI Manunggal Rakyat, karena jati diri TNI lahir dari rakyat dan akan kembali ke rakyat juga. 

“Saat ini kami menggunakan atribut ini (PDL TNI) karena kedinasan, dalam kehidupan sehari hari kami sama dengan masyarakat, wajib lapor kepada RT. Jadi tidak ada yang namanya masyarakat kelas satu atau apapun itu, kita semua sama. Bedanya kami memiliki tugas tambahan untuk mempertahankan kedaulatan negara kita ini,” terangnya. 

Di tempat yang sama, Lurah Pabuaran Mekar, Kecamatan Cibinong, H. Nurhaman mengapresiasi satuan Divif 1 Kostrad, yang sudah membantu pihaknya dalam meningkatkan kesejahteraan warga lewat Karya Bakti TNI ini. Dalam pantauanya, rumah warganya ini kini sudah sangat layak huni dan sudah bagus selayaknya perumahan pada umumnya. 

“Rumah warga kami ini diperbaiki melalui Program Karya Bakti TNI yang merupakan pertama kali diadakan di wilayah kami,” ucapnya. 

Dia berharap, di tahun – tahun berikutnya, Denma Divif 1 Kostrad dapat kembali melakukan kegiatan renovasi ke rumah warga lainya yang kondisinya tidak jauh berbeda dari rumah milik Nurmakim. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya