juara perpustakaan
BANGGA : Diskarpus Kota Depok menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Negeri dan Swasta se-Kota Depok Tahun 2021, Kamis (18/11). 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah melewati beberapa tahapan seleksi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok akhirnya membeberkan pemenang dari Lomba Perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Negeri dan Swasta se-Kota Depok Tahun 2021. SDIT Al Haraki didapuk sebagai peringkat pertama dengan perolehan 716 poin. 

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah menjelaskan, kegiatan rutin tahunan ini bertujuan untuk mempromosikan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca di sekolah. Pasalnya, banyak satuan pendidikan yang belum memahami arti penting dalam penyediaan perpustakaan yang berstandar dan nyaman untuk warga sekolah.

“Perpustakaan sekolah adalah jantung pendidikan. Tidak memiliki perpustakaan bagi sekolah berarti tidak ada kehidupan. Karena tidak mungkin kita mencerdaskan generasi tanpa memiliki budaya baca yang kuat,” ujarnya kepada Radar Depok, Jumat (19/11). 

Siti mengungkapkan, sejumlah sekolah yang menyabet predikat juara pada lomba tersebut diantaranya, juara pertama dengan poin 716 yaitu SDIT Al Haraki, berhak mendapatkan hadiah piala dan uang senilai Rp2 juta.

“Kemudian juara dua dengan poin 640 diraih oleh SD Ummul Quro Kecamatan Beji mendapatkan piala dan uang senilai Rp1,5 juta dan juara tiga diraih SDIT Nurul Fikri Kecamatan Cimanggis dengan poin 638, mendapatkan piala dan uang senilai Rp1 juta” ungkapnya.

Adanya lomba ini, diharapkan pihaknya mendapat data sekolah bergerak dalam meningkatkan literasi dan perpustakaan. Yang nantinya, bisa dijadikan mitra sekaligus percontohan penyelenggaraan perpustakaan bagi sekolah lainnya.

“Kepada para juara, semoga ke depan kita bisa menguatkan budaya baca dan menularkan keberhasilan pada sekolah lainnya. Kelak juga akan kami libatkan dalam kegiatan promosi dan pendampingan bagi sekolah lain yang belum memiliki standar,” tukasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya