diskarpus survei
SURVEI : Zoom Meeting kegiatan survei minat baca Kota Depok, Kamis (04/11). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mengetahui sejauh mana minat dan gemar baca masyarakat Depok. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok menyelenggarakan survei minat membaca.

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan dalam beberapa waktu kedepan, pihaknya akan menjalan survei minat baca sehingga dapat diperoleh data yang terukur. Tentang seberapa besar minat baca masyarakat dan pelajar Kota Depok.

“Data tersebut sangatlah penting dalam rangka menentukan desain program pemasyarakatan dan pembudayaan kegemaran membaca dan sekaligus strategi promosi perpustakaan Kota Depok,” ujarnya kepada Radar Depok, Kamis (04/11).

Menurutnya, orang tua mempunyai peranan penting dalam menumbuhkan minat membaca pada anak dengan menstimulan mulai membaca dari yang sederhana. Salah satunya, melalui gambar-gambar atau visualisasi menarik yang ada di sekitar lingkungan rumah.

“Ketika anak menunjukan minat atau keingintahuan terhadap sesuatu, para orang tua dapat memfasilitasi keingintahuan tersebut dengan memberikan buku-buku. Jika di rumah memiliki keterbatasan buku, orang tua bisa memanfaatkan perpustakaan atau Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang ada di sekitar lingkungan rumah, atau bisa juga mengajak anak-anak ke Perpustakaan Umum Kota Depok,” tandasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya