depok penghargaan
PENGHARAGAAN : Ketua Korpri Kota Depok, Supian Suri (paling kanan) menerima penghargaan anugerah Korpri Award dalam kategori Kepengurusan secara Nasional oleh Dewan Pengurus Nasional Korpri, di Auditorium Gedung Manggala Wannabakti, Senayan, Jakarta, Senin (29/11). IST

RADARDEPOK.COM – Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok, dapat kado istimewa di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia  (Korpri), Senin (29/11). Dalam Korpri Award, Depok meraih anugerah kategori Kepengurusan, di Auditorium Gedung Manggala Wannabakti, Senayan, Jakarta.

Walikota Depok Mohammad Idris mengapresiasi, atas prestasi yang membanggakan dari pengurus Korpri Kota Depok. Capaian yang berhasil ditorehkan tidak terlepas dari kerja keras yang selama ini dilakukan para pengurusnya.

“Selamat kepada KORPRI Kota Depok yang saat ini sedang menerima penghargaan dari KORPRI pusat kerena karya-karyanya yang inovatif. Terima kasih kepada pengurus dan juga kepada KORPRI yang tidak bosan-bosannya untuk terus inovasi dan berkreasi,” ujar walikota, Senin (29/11).

Depok menjadi kota pertama di Indonesia yang mendapat perhargaan tersebut. Penghargaan ini diberikan kepada Korpri Kota Depok, karena dinilai sudah menghasilkan berbagai inovasi. “Tingkat kota hanya Depok satu-satunya yang mendapatkan penghargaan, yang dua itu kabupaten dan selebihnya kementerian ada tiga,” tegasnya.

Walikota mengingatkan dalam menjalankan tugasnya, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memahami dan mengimplementasikan sumpah janji Panca Prasetya Korpri. Dengan itulah, diharapkan para ASN mempunyai kekuatan lahir batin. Setiap apel pagi seperti ini dan kayaknya sepertinya sudah lama sekali hampir 2 tahun, tidak mendengar, tidak membaca dari sebagian isi kandungan sumpah janjian seorang ASN.

“Inilah janji setia sekaligus sebagai kode etik yang didalamnya terdapat aturan-aturan norma nilai, yang kita dituntut untuk memahaminya .Dan kita internalisasi agar kita bisa mampu, dan terdorong untuk mengamalkannya,” ujarnya, Senin (29/11).

Idris mengingatkan, seluruh jajaran ASN untuk kembali membaca janji setia dan kode etik yang terkandung di dalam Panca Prasetya. Meski mengamalkan secara sempurna ini memang sulit, tetapi paling tidak, kita bisa meningkatkan pengamalan kita dari pemahaman norma dan nilai di dalam janji sumpah setia sebagai anggota Kopri.

“Silakan dibaca diinternalisasi, agar kita ingat terus bahwa sebagai ASN punya sumpah janji setia tersebut. Sekali lagi saya ucapkan ribuan terima kasih kepada teman-teman semuanya pengurus dan juga anggota Korpri,” katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Depok, Supian Suri yang menerima Anugerah Korpri Award Tahun 2021 menyebut, penghargaan ini untuk dewan pengurus Korpri Kota Depok, khususnya bagi semua ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Menurutnya, Anugerah Korpri Award kategori Kepengurusan berhasil diraih, karena Korpri Depok memiliki sejumlah program inovasi yang dinilai baik oleh Korpri Nasional. Di antaranya, Koperasi Korpri Depok Bersahabat (d’Co Mart), yang dinilai dapat menyejahterakan anggota Korpri Depok.

“Korpri Depok juga mempunyai klub bola. Ada pula podcast Korpri. Di podcast ini, narasumber yang dihadirkan merupakan ASN Kota Depok,” tuturnya.

Pria yang juga menjabat Ketua Korpri Kota Depok ini menjelaskan, para ASN yang diundang di dalam podcast Korpri diminta membagikan hal-hal inspiratif dan kisah-kisah yang menarik. Podcast ini dapat dilihat atau ditonton di chanel youtube Ide Podcast Korpri Depok.

Selain itu, sambungnya, juga menggagas Lembaga Bantuan Hukum (LBH) untuk Korpri Kota Depok. Inovasi-inovasi itu yang diapresiasi Korpri Nasional. Ke depan, pihaknya juga akan membuat komunitas-komunitas berbasis Korpri. Dari mulai seni, budaya, olahraga dan lain sebagainya.

“Terima kasih kepada Bapak Walikota Depok, Mohammad Idris dan Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, Kepala Perangkat Daerah dan pengurus Korpri Depok atas dukungannya selama ini,” tandasnya.(daf/rd)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Fahmi Akbar