M. Faizin PKB
Ketua DPC PKB Kota Depok, M. Faizin mengecam keras Pungli Bansos untuk masyarakat di saat pandemi Covid-19.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan dan peradaban bangsa, pemuda perlu diberikan sentuhan serta perhatian. Misalnya ruang atau fasilitas agar mereka produktif, mandiri di masyarakat.

Terkait hal ini, Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, M. Faizin meminta agar pemerintah tidak sekedar memberikan umpan berupa pelatihan semata. Tetapi, harus berkesinambungan aktivasinya mulai dari hulu hingga hilir dengan melibatkan sektor swasta.

“Pelatihan-pelatihan ini menjadi efektif, jika difasilitasi permodalan dan pemasaran, antara produksi dan outputnya harus seimbang. Jangan sampai produksinya tinggi tapi outputnya kurang, ini akan menjadikan masalah baru,” tutur Faizin kepada Radar Depok.

Pemerintah harus memfasilitasi dan mengomunikasikan ke perusahaan swasta besar dengan kelompok-kelompok kepemudaan. Sehingga, ada Corporate Sosial Responcibility (CSR) di setiap perusahaan besar di Depok yang bisa diaktifkan guna pemberdayaan pemuda. Muaranya link and macth tersebut dapat terwujud.

“Jangan sampai terjadi putus di tengah jalan. Ini yang selama ini terjadi, program pemerintah tidak sinkron. Perlu dari hulu ke hilir aktivasinya, tidak bisa sepotong-sepotong,” papar dewan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pun menilai, di Kota Depok banyak perusahaan-perusahaan swasta besar, baik di sektor perbankan, industri, mall, apartemen dan pengembang properti. sehingga, tinggal bagaimana pemerintah mengajak mereka memberdayakan kepemudaan untuk membangkitkan ekonomi.

Jadi, dari sini banyak efek domino positif yang akan didapat Kota Depok, seperti mengeliminasi angka kriminalitas karena masyarakat bekerja dengan baik, pemudanya terfasilitasi dengan kegiatan positif dan memiliki penghasilan tinggi.

“Saya yakin itu, tidak ada lagi kriminalitas dan sebagainya. Sangat banyak sekali dampak positifnya,” ucap Faizin.

Sebelumnya, Faizin mengatakan, Kota Depok memiliki potensi yang luar biasa, bahkan tidak kalah dengan Kota Bandung,  jika dapat memberdayakan pemuda, termasuk di dalamnya memberikan ruang serta fasilitas untuk berkarya.

“Saya melihgat Depok memiliki potensi luar biasa, dengan jumlah pemuda yang cukup tinggi, SDM yang luar biasa. Tapi, perlu tambahan fasilitas yang harus dipenuhi pemerintah kota maupun provinsi dan pusat,” kata Faizin. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah