Anggota DPRD Provinsi Jabar, M. Faizin. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), M. Faizin meminta agar semua pihak mewaspadai varian baru Virus Korona B.1.1.529 atau yang disebut Omicorn.

Faizin mengungkapkan bahwa varian baru Virus Korona ini dinilai lebih mudah menular dibandingkan dengan varian-varian lainnya yang sebelumnya ada dan masuk dalam kategori Varian of Concern (VoC) atau diwaspadai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni varian Alpha, Beta, Gamma, dan Delta.

Hingga saat ini, kata Faizin, pemerintah memang belum mendeteksi adanya varian baru yang diketahui pertama kali berasal dari Afrika tersebut masuk ke Indonesia. Kendati begitu, pemerintah dan masyarakat diminta untuk tetap waspada dan tidak menyepelekan adanya varian baru virus korona yang juga sudah masuk dalam daftar Varian of Concern WHO.

“Kita harus berkaca dengan varian Delta, begitu masuk ke Indonesia, membuat kita (Indonesia) bahkan dunia kelabakan, mulai dari jumlah korban terpapar hingga yang meninggal dunia, belum lagi rumah sakit di mana-mana penuh,” kata Faizin kepada Radar Depok, Senin (29/11).

Untuk itu, sambung Faizin yang juga Ketua DPC PKB Kota Depok ini meminta agar adanya varian Omicorn menjadi perhatian serius dan tidak dianggap enteng, agar tidak seperti varian Delta yang menjadi gelombang kedua Covid-19.

“Mumpung varian Omicorn ini belum terdeteksi ada di Indonesia, semoga memang benar-benar belum ada. Jangan sampai sudah ada, tapi kitanya yang belum tahu makanya ini harus menjadi perhatian serius. Jangan anggap enteng dan jangan lengah,” tegas Faizin.

Namun, wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini meminta masyarakat untuk tidak panik. Dan, kata dia, yang terpenting adalah tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Prokes yang utama, harus kita jaga, selain itu ikut program vaksinasi agar target pemerintah mewujudkan herd immunity dapat tercapai,” pungkas Faizin. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah