keindahan polandia

RADARDEPOK.COM – Polandia memiliki bendera yang mirip dengan Indonesia. Bedanya, warna merah dan putihnya terbalik. Bendera negara ini putih merah, kebalikan dari Indonesia. Bendera Polandia pernah di tampilkan dalam booklet SEA Games 2017 dengan nama Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (02/11), awalnya Polandia resmi memakai bendera putih merah pada tahun 1830 yang didasarkan atas tincture (warna) khas dari lambang dua negara konstituen Persemakmuran Polandia-Lithuania, yaitu Elang Putih dari Polandia dan The Pursuer of Lithuania, seorang ksatria berkulit putih yang menunggangi kuda putih lengkap dengan perisai merah. Sebelum itu, tentara Polandia memakai kombinasi berbagai warna.

Polandia memiliki luas 312.865 km persegi. Negara ini berbatasan dengan Jerman, Ceko, Slovakia, Rusia, Lithuania, Belarus dan Ukraina. Polandia, salah satu negara paling dinamis di Uni Eropa.

Wilayah Polandia mencakup berbagai kawasan, mulai dari pegunungan, pantai dan danau. Namun, yang paling banyak adalah danau. Ada sekitar 2.000 danau di Distrik Danau Polandia Besar atau disebut Mazury.

Alam yang eksotis membuat Polandia ramai dikunjungi oleh wisatawan. Hutannya indah, pegunungannya asri dan lingkungannya bersih tanpa polusi dan sampah.

Polandia memiliki 15 situs warisan dunia UNESCO, termasuk Kota Tua Warsawa. Kota ini hancur akibat serangan Jerman pada perang Dunia II.

Selain Warsawa ada beberapa tempat yang juga memberikan suasana kota tua Eropa. Sebut saja Torun, Gdansk, Wroclaw, dan Krakow. Tiap sudut kota ini sangatlah mempesona, sehingga menjadi pusat pariwisata Polandia.

Seperti benderanya yang terbalik dengan Indonesia, kondisi Polandia pun tak serta merta sama dengan Indonesia. Polandia menjadi negara maju dan kuat, serta memiliki ekonomi terbesar kedelapan di Uni Eropa.

Yang patut ditiru adalah tingkat literasi warga Polandia. Masyarakat Polandia termasuk salah satu yang melek huruf di dunia dengan capaian 99,7 persen.

Hal unik yang bisa ditemukan di Polandia adalah nama wanitanya. Semua wanita di Polandia memiliki huruf akhiran A. Masyarakat percaya bahwa huruf A melambangkan feminisme. Sehingga tidak ada pria yang memiliki nama berakhiran A. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya