UMKM di situ rawa besar
PENINJAUAN : Perwakilan dari DKUM Kota Depok saat meninjau usaha mikro mandiri di area Situ Rawa Besar, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas. FOTO : GERARD/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dalam rangka menciptakan peluang usaha mikro mandiri pada area Situ Rawa Besar dan upaya perbaikan perekonomian masyarakat, pengurus RW13, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas menggelar sosialisasi kepada para pedagang sekitar.

Ketua RW13, Kelurahan Depok, Suryadi menjelaskan, sinergitas dengan DKUM Kota Depok diharapakan mampu menghidupkan kembali perekonomian bagi pedagang setempat yang sempat mengalami penurunan akibat pandemi virus Korona (Covid-19).

“Semoga bisa segera dijadikan destinasi wisata lokal, agar warga setempat bisa membuka lahan usaha mikro mandiri sendiri pada area Situ Rawa Besar,” tuturnya.

Senada, Ketua Katar RW13, Kelurahan Depok, Sudarno memaparkan, pihaknya akan terus berupaya membangun kerjasama dengan pemerintah dari tingkat Kota hingga Pusat dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di wilayahnya. Bahkan, dia berencana menggandeng pihak swasta dalam mendukung program usaha mikro mandiri.

“Kita membuka pintu selebar-lebarnya kepada pihak swasta dan pemerintah yang bertujuan sama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Kami (Katar Sinergi Pemuda 13), akan selalu menjadi pendamping yang aktif pada proses pembangunan yang dilakukan Pemkot Depok, sebagai ikhtiar mengadvokasi perjuangan masyakat dan pedagang,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Usaha Mikro di DKUM Kota Depok, Iskandar Zulkarnaen mengungkapkan, siap menjembatani aspirasi para pedagang di Situ Rawa Besar dengan program kerja yang ada di Pemkot Depok.

“Untuk Tahun 2022 mendatang ada program binaan 5.000 pedagang UMKM dan terbagi sebanyak 50 orang per-Kelurahan sebagai upaya Pemkot Depok memulihkan kembali perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, DKUM Kota Depok mempunyai fungsi mempersiapkan para pelaku usaha, untuk diakomodir, dibina, serta diarahkan agar mempunyai manajemen usaha mandiri yang profesional pada bidangnya.

“Tugas kami di DKUM adalah menyaring para pelaku usaha yang benar – benar serius, dan mau mengikuti persyaratan program kerja,” tutur Zul.

Lebih lanjut, beber Zul, pedagang yang telah bergabung dan menjadi anggota binaan DKUM Kota Depok akan disalurkan hasil produknya kepada outlet resmi yang telah disediakan pihaknya seperti di Decomart dan beberpa outlet di ITC Depok dan Transmart, Jalan Dewi Sartika.

“Nanti kita akan bantu salurkan kepada outlet resmi kami dari DKUM,” tutupnya. (cr1)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya