seni gong si bolong
BUDAYA: Seorang pria sedang asyik menabuh Gong Si Bolong Asal Depok.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Gong Si Bolong yang merupakan kesenian gamelan asal Kota Depok resmi ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTb) oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Penetapan ini bersamaan dengan 21 karya budaya lainnya di Jawa Barat.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, penetapan Gong Si Bolong sebagai WBTB diumumkan dalam sidang Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tahun 2021, Jumat (29/10).

“Alhamdulillah kesenian musik Gong Si Bolong asal Depok ini ditetapkan sebagai WBTB oleh Kemendikbudristek. Mudah-mudahan anugerah ini bisa didapatkan oleh budaya-budaya lainnya,” ujarnya kepada Radar Depok, Senin (1/11).

Penetapan ini bersamaan dengan 21 karya budaya lainnya di Jawa Barat seperti yakni Angklung Bungko, Bangkong Reang, Gantangan, Toleat, Rengkong, Badeng, Angklung Dogdog Lojor, Batik Dermayon, Payung Geulis dan Arsitektur Kampung Pulo. Kemudian Tari Cepet Sukabumi, Merlawu, Nyuguh, Jipeng, Rasi, Palakiah Palean Raga, Upacara Hajat Arwah, Angklung Gubrag, Karinding, Carita Pantun Nyai Sumur Bandung dan Bordir Tasikmalaya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat  Febiani mengatakan, penetapan 21 Karya Budaya Jawa Barat sebagai WBTB, adalah upaya untuk perlindungan karya budaya Jawa Barat, baik yang terancam punah maupun yang dikhawatirkan diklaim oleh luar pihak lain.

“Dengan demikian pelindungan 22 karya budaya di Jawa Barat ini bisa kita laksanakan. Keberhasilan ini juga akan memotivasi kita semua, untuk terus melakukan upaya-upaya ini,” tandasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : PebriMulya