Anggota Komisi D DPRD Kota Depok dari Fraksi PDI Perjuangan, Imam Turidi. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Memperingati Hari Guru Nasional, tidak sekedar dalam bentuk ucapan, tetapi harus dengan perhatian dan langkah konkrit untuk mensejahterakan kehidupan para pendidik generasi penerus bangsa.

Seperti yang disampaikan Anggota Komisi D DPRD Kota Depok dari Fraksi PDI Perjuangan, Imam Turidi, dia mendorong dan meminta supaya Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) guru Pendidikan Usia Dini (PAUD) TAAM yang belum diberikan, bisa segera direalisasikan.

“Harusnya ini menjadi kado di hari guru, terutama guru-guru atau tenaga pendidik Tingakt PAUD yang secara upah juga sangat jauh dari kata cukup,” tutur Imam Turidi kepada Radar Depok, Kamis (25/11).

Setidaknya, sambung politikus PDI Perjuangan yang concern terhadap pendidikan ini, apresiasi tersebut dapat diberikan dengan tepat waktu. Sehingga menjadi penyemangat dan penghargaan yang bisa diberikan.

“Jangan hari guru hanya dihiasi ucapan, sementara ada hak yang belum diberikan,” tegas Imam Turidi.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Kota Depok 2 (Beji, Cinere, Limo) ini mengungkapkan, tugas pemerintah kota sudah sangat terbantu oleh para guru guru sosial, seperti guru PAUD TAAM, di mana mereka sudah gigih ikhlas meluangkan waktu, tenaga dan pikiran.

“Dengan sabar berperan sebagai pendidik yang selalu semangat walaupun tidak seberapa upah yang di terimanya,” ucap Imam Turidi.

Diketahui, dana Bantuan Operasional Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) dan Pendidikan Kesetaraan bisa digunakan untuk pembiayaan gaji pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran dari rumah.

Perubahan juknis BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan diatur melalui Permendikbud Nomor 20 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 13 Tahun 2020 tentang Juknis Dana Alokasi Khusus Nonfisik BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan Tahun 2020. (cky)

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah