power bank untuk mobil listrik
The ZipCharge Go

RADARDEPOK.COM – Sejak mobil listrik pertama dihadirkan, ada beberapa hal yang menjadi keraguan dibanyak orang untuk membelinya, yakni keterbatasan stasiun pengisian daya. Akhirnya, mobil listrik tersebut tidak menjadi pilihan utama untuk mereka yang sering bepergian jarak jauh.

Namun, masalah itu mulai teratasi setelah pabrikan teknologi bernama ZipCharge meluncurkan powerbank khusus untuk kendaraan listrik. Perangkat canggih berukuran koper terebut dinamakan The ZipCharge Go.

Dilansir dari Gizmochina, pabrikan asal Inggris tersebut menghadirkan ZipCharge Go untuk meredakan ketakutan pemilik mobil listrik saat melakukan perjalanan jarak jauh. Mereka juga sudah memamerkan unitnya di konferensi Cop26 yang berlangsung di Glasgow, Skotlandia.

Perangkat ZipCharge Go memiliki bobot ringan, yakni sekira 23 kilogram dan berbentuk seperti koper yang memiliki roda serta pegangan untuk ditarik. Mengingat dimensinya yang mungil, powerbank tersebut bisa disimpan di bagasi kendaraan dan bisa digunakan kapanpun saat diperlukan.

Meski kecil, namun perangkat tersebut mampu menyimpan daya yang terbilang besar. Karuan saja, cukup dicas selama 30 menit, ZipCharge Go sudah bisa ‘menampung’ daya yang bisa digunakan untuk perjalanan sejauh 35 kilometer.

Sayangnya, pabrikan belum menyampaikan detail mengenai kapasitas maksimum ZipCharge Go. Namun, yang pasti, powerbank tersebut bisa digunakan di mobil plug-in-hybrid maupun listrik murni dengan soket tipe 2.

Kabarnya, alat canggih tersebut bisa dipantai secara langsung melalui aplikasi yang tersedia. Mulai dari sisa daya di perangkat, hingga jadwal pengisian. Meski sudah dikenalkan, namun ZipCharge Go baru akan dipasarkan di kuartal keempat tahun depan.

Menurut keterangan pabrikan, powerbank itu akan tersedia melalui dua pilihan berbeda, yakni kecil dan besar. Sementara untuk harga baru akan diumumkan saat proses peluncuran nanti. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya