karabha pelatihan digital
SINERGI : Manajemen PT Karabha Digdaya berfoto bersama Aparatur Kelurahan Cimpaeun, dan Pelaku UMKM Kelurahan Cimpaeun, saat mengikuti kegiatan pelatihan yang diadakan PT Karabha Digdaya. 

RADARDEPOK.COM, TAPOS – PT Karabha Digdaya bekerja sama dengan Kelurahan Cimpaeun dan Komunitas Ciamik yang berjumlah 70 orang mengadakan pelatihan Pengembangan Digital Marketing UMKM. Kegiatan ini merupakan uapaya PT Karabha Digdaya dalam memajukan UMKM yang ada disekitarnya. 

General Manager Property & Estate PT Karabha Digdaya, Yuli Priyanto mengatakan, di Indonesia memiliki keragaman akan produk UMKM, termasuk di wilayah Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos. Keragaman itu akan menjadi menarik jika mampu dikembangkan dan disesuaikan dengan pasar yang ada saat ini.

“Sebagai salah satu perusahaan yang berada di bawah Kementerian Keuangan yang memiliki dua unit usaha yaitu Emeralda Golf Club dan Cimanggis Golf Estate , PT Karabha Digdaya lewat program Corporate Social Responsibility nya akan membantu pengembangan UMKM lewat pelatihan dan pengembangan. Salah satunya dengan pelatihan digital marketing,” katanya, Jumat (19/11). 

Lebih lanjut Yuli menjelaskan, pasar digital merupakan pasar yang sangat menarik lantaran tidak dibatasi luas wilayah dan waktu. 

“Tentunya dengan pendekatan sosial media yang saat ini sedang tren, diharapkan produk-produk dari UMKM Kelurahan Cimpaeun bisa dikenal ke seluruh Indonesia dan bahkan ke dunia,” ucapnya.

Sementara itu, Lurah Cimpaeun, Rohman Tohir mengatakan, pihaknya mengapresiasi dukungan PT Karbha Digdaya untuk pelaku UMKM yang ada di wilayahnya. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan UMKM mampu bersaing  untuk memasarkan produk mereka.

“Dengan adanya pelatihan ini sehingga dapat meningkatkan wawasan serta kualitas produk UMKM warga kami,” imbuhnya. 

Dia menjelaskan, sejumlah produk yang ada di Komunitas Ciamik sudah terkemas dengan baik baik dari sisi produk dan kemasan. Ditambah dengan adanya pelatihan ini, pihaknya yakin akan ada kemajuan yang pesat untuk UMKM Kelurahan Cimpaeun. 

“Dengan adanya pelatihan ini bisa mendorong rekan-rekan UMKM agar lebih percaya diri menatap persaingan di dunia perdagangan,” bebernya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan, Triyamini mengaku dengan mengikuti pelatihan ini, dia dan rekan – rekan UMKM di Kelurahan Cimpaeun semakin termotivasi untuk membuat produk serta memasarkannya ke media sosial agar menjangkau pasar yang lebih luas. 

“Pelatihan ini pada dasarnya kami sangat butuhkan untuk mengembangkan produk-produk yang dimiliki oleh komunitas ini. Kami meyakini, dari terselenggaranya acara ini bisa membuat produk kami bersaing dengan produk-produk lainnya,” ujar Ketua UMKM Kelurahan Cimpaeun ini. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya