gebyar UMKM Sukmajaya
GEBYAR SENI BUDAYA DAN UMKM : Walikota Depok memborong dagangan pelaku UMKM dalam Gebyar Seni Budaya di Kecamatan Sukmajaya. FOTO : GERARD/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Setelah sempat tertunda, Kecamatan Sukmajaya akhirnya menggelar Pentas Seni dan Budaya bertajuk ‘Gerai Produk UMKM melalui, Pembauran Kebangsaan Kita Eratkan Silaturahmi Antar Suku dan Etnis di Kecamatan Sukmajaya’, Minggu (07/11).

Camat Sukmajaya, Ferry Birowo menyebutkan, acara itu sempat tertunda selama dua tahun akibat, adanya pembatasan sosial dampak dari pandemi virus Korona (Covid-19).

“Ini memang salah satu bentuk perhatian kami kepada pelaku UMKM, dimana kemarin sempat ada pembatasan selama 2 tahun, ini merupakan kesempatan yang sangat bagus dengan level 2 ini, tetapi tetap dibatasi, sehingga warga masyarakat dapat mengenal UMKM kembali  di Kecamatan Sukmajaya,” kata Camat Sukmajaya, Ferry Birowo.

Mantan Sekretaris Satpol PP Kota Depok itu menerangkan, setiap Kelurahan di Kecamatan Sukmajaya ikut bertasipasi memberikan perwakilan untuk UMKM serta Seni Budaya.

“Ini yang kita libatkan UMKM se-Kecamatan Sukmajaya, ini hadir masing-masing perwakilan dari 6 Kelurahan, ada juga perwakilan untuk seni dan budaya nya dari setiap Kelurahan,” sebutnya.

Menurut Ferry, UMKM unggulan di Kecamatan Sukmajaya ada berbagai jenis. Namun, yang jadi perhatian lebih pihaknya adalah kuliner karena, merupakan kebutuhan masyarakat tiap harinya.

“UMKM sebenarnya ada masing-masing unggulan ya dari setiap Kelurahan seperti makanan, lukisan, batik. Tetappi, unggulan yang utama di Kecamatan Sukmajaya sih kita harapkan itu kuliner ya, karena ini kebutuhan sehari-hari ya,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Depok Mohammad Idris menyampaikan rasa bangganya terhadap pelaku UMKM di Kecamatan Sukmajaya. 

“Ini merupakan kebanggan kita, UMKM kita tetap masih eksis walaupun berjalan pelan-pelan,” ujarnya.

Beber Idris, Pemerintah Kota Depok akan membantu memfasilitasi agar UMKM di Kota Depok dapat berjalan maksimal. Bahkan, sampai pada tingkat dunia.

“Beberapa produk UMKM kita, sudah mulai kita ekspor ke negara tetangga, ke Singapura, ke Brunei. Bahkan, ikan hias kita sudah pergi ke Jepang dan ke Eropa,” ungkapnya. (rd/cr1)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya