disdukcapil
OBROLAN SANTAI : General Manager Radar Depok, Iqbal Muhammad bersama Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widayatti saat podcast Obrolan Serius Variasi dan Bersolusi (Observasi), di Lantai 2 Gedung Dibaleka II, Kamis (4/11). DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok terus menggelar percepatan pelayanan kepada masyarakat terkait administrasi kependudukan (adminduk). Tercatat selama 10 bulan, 29.141 orang telah melakukan perekaman, dan 165.181 pencetakan E-KTP.

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widayatti menjelaskan beragam layanan adminduk gencar digalakkan untuk menjangkau seluruh masyarakat yang telah berusia 17 tahun ke atas. Sehingga, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan publik seperti jaminan kesehatan, SIM, bantuan sosial, membuka rekening bank dan lain-lain.

“Pelayanan dokumen kependudukan Depok semakin mudah dan cepat serta bebas pungutan liar (pungli),” ujarnya kepada Radar Depok, Kamis (4/11).

Pihaknya selama ini terus memberikan kemudahan kepada masyarakat, khususnya mereka yang kesulitan mengambil dokumen kependudukannya.

Kemudian, layanan dokumen kependudukan Disdukcapil Depok sudah melalui WhatsApp seperti Sistem Layanan Online Dukcapil Depok Bersih, Mudah, Lancar (Silondo Bermula), WA Komunitas, dan lainnya.

“Untuk pengambilan dokumen juga bisa dengan berbagai opsi. Antara lain diambil di kantor, kelurahan, cetak di rumah maupun cetak di Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM),” bebernya.

Dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya juga memfasilitasi bagi transgender sesuai amanat UU Nomer 24 tahun 2013 dan Permendagri 96 tahun 2019. Serta memberikan pelayanan kepada disabilitas.

Nuraeni merinci, selama 10 bulan sejak Januari sampai Oktober 2021. Disdukcapil telah melakukan perekaman sebanyak 29.141 orang E-KTP dengan rata-rata layanan 3.238 orang per bulan. e-KTP yang sudah dicetak sejumlah 165.181 buah, dan 18.353 per bulan.

Kemudian, anak-anak usia 0-17 tahun kurang sehari tercatat Disdukcapil telah melayani pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA). Sampai Oktober, sebanyak 46.440 KIA sudah dicetak. Pihaknya menargetkan bisa memberikan KIA kepada seluruh anak pada 2024.

Selanjutnya, pembuatan dan pencetakan KK sebanyak 119.878, dengan rata-rata layanan 13.320 per bulan. Surat keterangan pindah keluar jumlahnya 29.683, rata-rata layanan 3.298 per bulan serta surat keterangan pindah datang sebanyak 30.549, untuk rata-rata layanan 3.394 per bulan. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro