sekolah adiwiyata depok
PRESTASI : Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati (kanan) memberikan sertifikat penghargaan kepada sekolah yang masuk dalam Adiwiyata Tingkat Kota, di Aula DLHK Kota Depok, Kamis (05/11). 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – 19 Sekolah dari jenjang SD sampai SMP mendapatkan penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. 

Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, pemberian ini ditujukkan untuk sekolah yang konsisten dalam melakukan upaya pelestarian lingkungan.

“Kami berikan penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota kepada 19 sekolah. Baik SD dan SMP,” ujarnya, Jumat (05/11). 

Ety menyebut, belasan sekolah tersebut nantinya akan diajukan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, untuk mengikuti Adiwiyata tingkat provinsi. Pihaknya juga akan memberikan pembinaan serta pendampingan kepada seluruh sekolah agar bisa mengikuti proses penilaian.

“Kami berharap 19 sekolah ini bisa lanjut untuk mengikuti penilaian tingkat provinsi,” bebernya.

Ety merinci, 19 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota yaitu SDN Sukatani 6, SDN Sukamaju 2, SMPN 24 Depok, SDIT Al Kamil, SDN Cimpaeun 1, SMPN 23 Depok, MI Sa’adatuddarain dan SDN Baktijaya 5.

“Kemudian, MTS Al Kautsar, SDN Depok 01, SLBN Kota Depok, SDN Beji 5, SD Alam Matoa, SMP Utama, SMPN 17, SMPN 25, SMPN 10, SMPN 14 dan SMPN 18,” tandasnya. 

Sementara itu, Kasi Pengurangan Sampah dan Kemitraan Lingkungan, DLHK Kota Depok, Rollianjah Dalius menuturkan untuk mendapatkan Adiwiyata, satuan pendidikan perlu memenuhi sejumlah indikator. Pertama, memahami tentang lingkungan hidup terutama dilingkungan sekolah, kedua paham akan isu lingkungan skala nasional dan internasional tergantung tingkatan sekolahnya. 

“Lalu sekolah memiliki inovasi tentang lingkungan, dan terakhir sarana prasarana sekolah yg mendukung untuk lingkungan. Point pertama nilainya paling besar,” tutupnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya