peresmian gor depok
MANFAATKAN : Walikota Depok, Mohammad Idris meresmikan GOR Kota Depok dengan menandatangani batu prasasti dan pemotongan pita, di Jalan Boulevard GDC, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Rabu (10/11). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Depok yang berlokasi di Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC) Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya akhirnya diresmikan.

Bangunan fasilitas olahraga seluas 2.043 meter persegi ini merupakan realisasi dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, sebagai fasilitas olahraga, keberadaan GOR dapat menyokong terciptanya keadaan masyarakat yang sehat secara fisik. Sebab, kegiatan olahraga profesional dan berstandar tinggi telah tersedia di Kota Depok.

“Kami membuat GOR tingkat kota berstandar nasional untuk basket dan voli. Sarana ini bisa dimanfaatkan atlet dan masyarakat yang ingin olahraga, untuk mekanisme dan aturannya nanti diatur oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) ,” ujarnya kepada Radar Depok, Rabu (10/11).

Idris menyebut, pembangunan GOR Kota Depok memang diusulkan Disporyata pada 2017, lalu dilanjut dengan pembuatan feasibility studi atau studi kelayaan di 2018. Kemudian, pelaksanaan pembangunan fisik secara dua tahap.

Tahap 1 pada 2019 dengan anggaran Rp18,8 M meliputi pekerjaan struktur tanah dan fondasi, atap,jembatan pertama, fasad depan, dan pemasangan daya listrik. Selanjutnya di 2021 merupakan tahap 2 antara lain pekerjaan struktur, arsitektur, ME, climbing dan gedung utama. Sarana umumnya seperti jembatan dua, jalan dan drainase, anggaran yang terserap sebesar Rp11,9 M.

“Luasnya 2.043 meter persegi, dibangun di atas lahan 4.000 meter persegi. Bangunan terdiri dari tribun kapasitas 900-1000 orang, lapangan multifungsi, dilengkapi 50 kendaraan serta fasilitas penunjang seperti ruang tamu, piket, informasi, pelatih, VIP, selasar, Musala, gudang, dan toilet,” bebernya.

Meski begitu, Idris mengaku masih terdapat beberapa fasilitas penunjang lainnya yang belum terselesaikan. Diantaranya parkir motor, kanopi, soundsystem, kipas angin, papan skor, taman, Penerangan Jalan Umum (PJU) dan genset.

“Ada banyak hal-hal yang harus dilengkapi, nanti Disporyata selaku user yang akan melengkapi. Dengan fasilitas ini mohon untuk dijaga bukan dari pemerintah saja tetapi seluruh masyarakat yang memanfaatkan GOR Kota Depok,” tandasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya