mekarjaya siaga bencana
SIAP SIAGA : Kelurahan Mekarjaya saat melakukan sosialisasi masyarakat tanggap bencana beberapa waktu lalu. FOTO : GERARD/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, MEKARJAYA – Memasuki musim hujan, beberapa kejadian bencana kerap terjadi dan diperlukan langkah preventif serta penanganan yang serius dari pemangku kebijakan. Pasalnya, selain materil, korban jiwa juga menjadi ancaman.

Lurah Mekarjaya, Zainal Arifin mengatakan, sebagai langkah antisipasi, pihaknya telah melakukan sosialisasi pemberdayaan masyarakat kelurahan Tangguh Bencana beberapa waktu lalu.

“Karena ini penting untuk kita semua, terutama wilayah RW yang rawan akan bencana. Langkah-langkah apa yang harus kita perbuat ketika terjadi bencana. Minimal kita punya bekal pengetahuan, agar kita tidak panik,” ungkap Zainal kepada Radar Depok, Kamis (25/11).

Dalam kesempatan itu, kata dia, lima RW yang dinilai rawan akan bencana banjir diberikan pengetahuan dan pelatihan terkait dengan menghadapi persoalan banjir.

“Kita berikan mereka ilmu pengetahuan tambahan agar lebih sigap menghadapi bencana,” tutur Zainal.

Sementara itu, Camat Sukmajaya, Ferry Birowo menambahkan, melalui sosialisasi tanggap bencana diharapkan masyarakat maupun pengurus RT/RW tidak panik dalam menghadapi suatu musibah.

“Seperti bulan kemarin itu terjadi angin puting beliung, terjadi kerusakan dimana-mana. Dengan adanya pelatihan ini semoga kita semua tanggap dan paham dalam menghadapi bencana,” bebernya.

Kendati demikian, dia berharap, agar masyarakat tidak mengabaikan Protokol Kesehatan (Prokes) meskipun, Covid-19 di Kecamatan Sukmajaya tengah landai.

“Jadi kita tetap harus selalu waspada, karena kasus Covid-19 di kota Depok yang tadinya sudah turun, saat ini mulai meningkat lagi,” tegas Ferry. 

Untuk diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh masyarakat pengurus RT/RW dan para kader tanggap bencana Kelurahan Mekarjaya. (rd/cr1)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya