bantuan damkar mitigasi
SERAHKAN APAR : Ketua LPM Kelurahan Sawangan, Indra Jaya sedang menyerahkan satu unit APAR secara sombolis kepada seorang Ketua RW di aula Kantor Kelurahan Sawangan. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Aparatur Pemerintah Kelurahan/Kecamatan Sawangan, memberikan penyuluhan mitigasi bencana kebakaran kepada warga berasal di kelurahan tersebut. 

Lurah Sawangan, Akhsan Hariri mengatakan, mitigasi ini dilakukan sebagai pencegahan terjadinya kebakaran di wilayahnya, mengingat Kelurahan Sawangan adalah pusat wilayah Kecamatan Sawangan dengan jumlah penduduk mencapai 21 ribu jiwa.

“Kami ada 11 RW  dan 49 RT,” kata Akhsan, Senin (29/11). 

Dia mengungkapkan, pelatihan ini ditujukan agar masyarakat dapat mencegah terjadinya kebakaran terutama yang disebabkan faktor kelalaian manusia, seperti gas bocor, minyak goreng terlalu panas dan lainnya. 

“Kami mengundang narasumber dari UPTD Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamat (DPKP) Kecamatan Bojongsari untuk memberikan ilmu cara memadamkan api, dengan menggunakan kaim basah hingga alat pemadam api ringan (APAR),” bebernya. 

Dia menjelaskan, selain memberikan penyuluhan, pihaknya juga memberikan bantuan berupa APAR sebanyak 11 unit untuk dibagikan ke masing – masing RW. 

“Ada 11 unit Apar, nantinya akan ditaruh di masing – masing pos RW,” terangnya. 

Dia menambahkan, sejak Januari hingga November ini, di Sawangan angka kasus kebakaran cukup minim, hanya satu kejadian saja di sebuah toko penjual tahu di sekitar Jalan Raya Muchtar pada Juni 2021.

“Alhamdulillah kasus kebakaran minim, semoga tidak ada lagi kejadian di hari – hari berikutnya,” harapnya. 

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Sawangan Indra Jaya mengatakan, pihaknya mengapresiasi Pemerintah Kota Depok yang sudah menyediakan APAR untuk lingkungan merek. 

“Apar ini merupakan usulan kami dalam Musrenbang tahun 2020, akhirnya direalisasikan di tahin 2021,” imbuhnya. (rd/dra) 

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya