mobil pusling
TAMBAH : swafoto bersama saat menerima mobil Pusling, di Perpustakaan Nasional, Jumat (10/9). DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Bagi masyarakat yang tak sempat berkunjung ke Perpustakaan Umum Kota Depok, Mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) bisa menjadi pilihan. Caranya, dengan menghubungi nomor whatsapp layanan Diskarpus 082124065500.

Kepada Diskapus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, mobil Pusling sudah kembali beroperasi sejak awal November 2021. Fasilitas ini juga dapat dipinjam oleh masyarakat, sekolah atau komunitas untuk memudahkan para pemustaka mengasah pengetahuan lewat literasi.

Menurutnya, peran mobil Pusling bersifat fleksibel, hingga dapat menyentuh pemustaka di lingkungan dalam mendapatkan bahan bacaan. Karena itu, keberadaannya penting untuk meningkatkan minat baca warga.

“Mobil ini juga berfungsi untuk melayani para pemustaka yang tidak bisa datang ke Perpustakaan Umum,” katanya saat dikonfirmasi, Minggu (15/11).

Siti merinci, Kota Depok telah memiliki lima unit mobil Pusling yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Namun, saat ini permintaan mobil Pusling masih sedikit.

“Untuk jadwal masih tentatif karena belum semua sekolah masuk dan siswanya masih sedikit, tapi tetap jalan setiap hari,” bebernya.

Terpisah, Kepala Bidang Perpustakaan, Diskarpus Kota Depok, Catur Sri Astuti menuturkan, bila masyarakat ingin mobil Pusling tersebut singgah ke sekolah, komunitas atau lingkungannya, dapat menghubungi nomor whatsapp layanan Diskarpus 082124065500.

“Karena masih pandemi koordinasinya lewat whastapp saja. Apakah bersedia dikunjungi oleh mobil ini. Ada juga permintaan dari Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan kelurahan untuk dikunjungi,” terangnya.

Catur mengungkapkan, karena Kota Depok masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. Tentunya terdapat sejumlah ketentuan yang harus diperhatikan oleh pemustaka. Pemustaka wajib menerapakan protokol kesehatan

“Ada ketentuan yang harus diperhatikan seperti pembatasan jarak membaca dan tidak berkerumun. Kami juga menyediakan masker bagi yang tidak membawa masker,” tutupnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro