mural gor
MURAL GOR DEPOK : Pemural Ray Andre saat menggambar mural Glow In The Dark di GOR Kota Depok, Jalan Boulevard GDC. ARNET/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Nuansa budaya dan modern dikombinasikan dalam seni mural di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Depok. Pemural, Ray Andre dari Info Depok, memberikan sentuhan batik Gong Si Bolong khas Kota Depok, corak betawi Gigi Balang, dan glow in the dark alis menyala dalam gelap.

“Iya ada konsep yang berbeda, kita padukan kebudayaan Depok, betawi, dan modern,” jelasnya kepada Radar Depok di GOR Kota Depok, Selasa (09/11).

Ia menerangkan, batik Gong Si Bolong menunjukan karakter Kota Depok bahwa Kota ini memiliki corak batik yang harus dikenalkan ke masyarakat. Terlebih, belum lama ini Gong Si Bolong baru dinobatkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) sama Pemerintah Pusat.

“Ini harus kita tunjukan, harus kita kenalkan ke masyarakat Depok dan Kota lain bahwa Depok memiliki itu,” jelas Ray.

Selanjutnya, Gigi Balang kata Ray, adalah identik dengan kebudayaan Betawi sehingga harus memberikan sentuhan pada GOR Kota Depok, mengingat Depok termasuk dalam kebudayaan Betawi. Agar menjaga dan melestarikan kebudayaan sentuhan ini harus terdapat di beberapa bangunan di Kota Depok.

Lalu, ada satu mural yang dikonsepkan dirinya menyala dalam gelap, jadi ketika mendapat cahaya di siang hari, nantinya mural ini akan mengeluarkan warna pada saat malam hari. Mural ini ada di gambar api yang dikombinasikan dengan bola voli berkonsep three D.

“Nyalanya mungkin bertahan sampai 10 sampai 15 menit. Ini pertama kali saya gambar untuk publik. Biasanya saya gambar dirumah dengan ukuran kecil tapi ini gambar yang cukup besar,” terang Ray.

Dalam menggambar mural GOR Kota Depok, dirinya menghabiskan waktu dua pekan, dengan dibantu sedikitnya empat orang pemural Depok. Salah satunya adalah teman hidupnya, yaitu sang istri.

“Dibantu sama teman mural juga. Tentunya istri saya juga ikut, karena kebetulan dia juga seni mural juga,” tambahnya.

Ray berharap, seluruh masyarakat Depok bisa menjaga dan merawat apa yang sudah dibangun pemerintah. Jadikan GOR tersebut untuk menunjukan kemampuan di dunia olah raga bahwa Depok telah memiliki banyak atlet yang patut diperhitungkan di kelas Nasional.

“Pasti terima kasih kepada Pemerintah dan seluruh Dinas terkait. Ini menjadi icon Kota Depok, ini menjadi kebanggan kita semua. Kita manfaatkan ini, kita berdayakan tempat ini menjadi hal yang positif serta bermanfaat untuk Kota maupun masyarakat,” tutupnya. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro