duta genre
Nizar Arifshidqi

zar Arifshidqi, seorang remaja yang berumur 19 tahun merupakan seorang Duta Generasi Rencana (Genre) Putra Kota Depok 2020. Sejak kecil ia menganggap dirinya sebagai aktivis dan aktif di berbagai organisasi.

Laporan : Ivanna Yustiani

RADARDEPOK.COM, Remaja 19 tahun ini bertempat tinggal di Depok. Namanya Nizar Arifshidqi. Sejak kecil dirinya sudah aktif sebagai aktivis sosial. Kini dirinya tengah menempih studi Universitas Padjajaran, Bandung. Mengambil jurusan Sastra Sunda.

Sedari duduk di bangku SMP hingga SMA, dirinya acapkali meraih juara satu dan juara dua lomba baca dan tulis berbahasa sunda tingkat Kota Depok.

Selain itu, Nizar mengikuti organisasi disekolahnya sebagai Ketua Osis. Setelah aktif di organisasi Osis, Nizar mengikuti organisasi pemerhati anak dan remaja. Masuk di tahun 2015, ada pembentukan forum anak di Kecamatan Cinere yang melibatkan di selurub sekolah Kecamatan Kota Depok.

Dirinya termasuk aktif pada organisasi tersebut. Pada 2017 ia mendaftar sebagai regenerasi forum Kota Depok dan terpilih.

“Saya aktif di sekolah Kecamatan Cinere. Lalu melanjutkan sampai periode 2017, saya mengikuti regenerasi forum Kota Depok dan Alhamdulillah terpilih,” ujar Nizar.

Dalam organisasi Regenerasi Forum Kota Depok, ia mengajukan program unggulannya, yakni ekspansi atau ekspresi potensi anak Indonesia. Selama menjadi anggota forum anak Kota Depok, ia memiliki perjalanan yang mulus dan sukses bahkan organisasi tersebut setiap tahunnya memiliki banyak peminat.

Pada tahun 2018, Nizar mendaftarkan dirinya menjadi Duta Anak Jawa Barat, beruntungnya ia terpilih lagi. Setelab terpilih menjadi duta anak Jawa Barat ia mengikuti seluruh kegiatan yang terlibat yaitu forum anak permusyawarahan Indonesia.

“Banyak hal yang dilakukan terkait penyampaian aspirasi anak-anak kota Depok, salah satunya dalam musrenbang Kota Depok ada salah satu usulan yang di realisasikan yaitu program simora. Dan program lainnya yaitu mobil keliling untuk menjadi pusat pemenuhan hak anak,” kata Nizar.

Setelah selesai menjalankan tugasnya di Forum Anak Kota Depok, pada tahun 2020 terpilih menjadi Duta Generasi Rencana (Genre) Putra Kota Depok 2020, dengan program Inovasi Ngulik yang menampilkan keterampilan remaja.

Nizar melihat bahwa program-program sosisasi sudah biasa dilakukan. Dengan program ngulik tersebut dirinya mengagas dengan cara mengedukasi pengembangan life skill atau keterampilan remaja.

“Saya sudah merealisasikan program ini di RW saya. Ada remaja seniman di lingkungan saya dan kita manfaatkan ktrampilan tersebut untuk edukasi remaja disekelilingnya, dan akhirnya menjadi seni edukasi berbasis lingkungan,” tandasnya. (Bersambung)

Editor : Junior Williandro