UNJ
WEBINAR : UNJ melaksanakan kegiatan P2M bekerjasama dengan Musyawarah Guru mata pelajaran (MGMP) Biologi SMA  Jakarta Timur I. IST

RADARDEPOK.COM – Dalam mengaplikasikan Tri Dharma perguruan Tinggi. Tim Dosen dari Program Studi Biologi FMIPA Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) bekerjasama dengan Musyawarah Guru mata pelajaran (MGMP) Biologi SMA  Jakarta Timur I. Menggelar kegiatan Webinar dan pelatihan dengan tema : Peran Biologi Dalam Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia.

Adapun tujuan dari kegiatan ini demi meningkatkan pengetahuan bagi siswa dan guru, terkait bidang biologi antara lain tentang pencemaran plastik. Biodiversitas kelompok herpetofauna  dan bioteknologi  pangan. Sedangkan bagi guru, yaitu meningkatkan pengatahuan dan keterampilan dalam membuat produk fermentasi. Meningkatkan keterampilan pebuatan soal soal Higer order thinking, meningkatkan kreatifitas pemanfaatan limbah dan meningkatkan pengetahuan tentang tanaman ornamentals

Sasaran kegiatan, siswa-siswi SMA dan Guru guru Biologi dan IPA SMA  di Jakarta Timur 1. Hal ini sesuai dengan pernyataan Rektor UNJ  Prof Komarudin bahwa kegiatan P2M  dalam masa Pandemi dapat dilakukan di wilayah Jakarta, Bogor , Depok  dan sekitarnya.

Kegiatan dilaksanakan dalam  dua  kali pertemuan melalui platform zoom meeting, 21 dan 28 Oktober 2021. Dilanjutkan dengan pelatihan yang dilakukan melalui Google Classroom untuk guru-guru. Sehingga kegiatan setara dengan 32 JP. Webinar dilakukan dengan cara pemaparan materi oleh pembicara dan dilanjutkan dengan diskusi pada tiap sesi materi.  Untuk mengetahui tingkat pengetahuan baik guru maupun siswa dalam kegiatan ini dilakukan  pretest  dan posttest menyangkut materi terkait.

Webinar  dengan peserta siswa, diberikan tiga topik materi yaitu tentang Limbah Plastik: Bahaya Dan Pengelolaannya yang disampaikan Dr Ratna Komala, dilanjutkan materi tentang   Mitos Dan Persepsi Tentang Herpetofauna Di Perkotaan oleh M Isnin Noer dan materi terakhir yaitu tentang Pemanfaatan Kedelai Lokal Non GMO dengan Aplikasi Bioteknologi Konvensional yang disampaikan oleh  Dr Elsa Lisanti.

Webinar dengan peserta guru, materi yang diberikan mencakup : Pelatihan Pembuatan Produk Pangan Fermentasi  disampaikan oleh  Dr Tri Handayani Kurniati, Penerapan Soal Hots Untuk Mengembangkan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa disampaikan oleh Dr Mieke Miarsyah. Sedangkan pembicara Sri Rahayu membahas tentang Pemanfaatan Limbah Jelantah Dan Krayon Bekas. Dan Agung Sedayu, mengupas tentang  Bahaya Tersembunyi Tumbuhan Araceae Ornamental.

Kegiatan P2M ini dihadiri sebanyak 60 siswa siswi yang merupakan perwakilan dari sekitar 40 SMA yang ada di Jakarta Timur. Dan 50 Guru yang tergabung dalam MGMP Biologi SMA Jakarta Timur 1.

Ketua MGMP Jakarta Timur 1, H Sumarwoto menyambut baik kegiatan ini dalam rangka penyegaran dan kegiatan ilmiah untuk guru guru dan siswa siswi SMA, di wilayah Jakarta timur. Demikian juga Linda Romauli Siregar, Kepala Suku Dinas  (Kasudin)  Jakarta Timur  sangat mengapresiasi karena materi-materi yang diberikan dalam webinar sangat relevan dengan kondisi saat ini.

Kegiatan P2M ini berjalan dengan baik dan lancar,  siswa maupun guru sangat antusias mengikuti. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan pertanyaan yang disampaikan, karena  menurut peserta merupakan pengetahuan  baru. Selain itu, bagi guru-guru dengan  kegiatan lanjutan dalam Google classroom dalam bentuk tugas-tugas yang  diikuti  dengan baik sampai selesai.  Dari hasil analisis post test rata-rata peserta menunjukkan peningkatan pengetahuan lebih dari 80 % dibandingkan saat pretest.

Dekan FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Prof Muktingsih menyampaikan, ucapan terima kasih kepada pihak MGMP Biologi SMA Jakarta Timur I,  dengan  segenap pengurusnya atas kerjasamanya yang baik. Dia berharap kerjasama ini akan terus berlanjut, karena kegiatan P2M ini merupakan kegiatan rutin Fakultas yang wajib dilaksanakan setiap dosen. “Tentunya bisa juga dilakukan di beberapa wiayah Jabodetabek.  Harapan yang sama juga disampaikan oleh pihak MGMP Jakarta Timur agar kegiatan ini tetap berkelanjutan,” tandasnya.(van/rd)

Jurnalis : Ivanna Yustiani 

Editor : Fahmi Akbar