pangkalanjati kdrt
SOSIALISASI : Kelurahan Pengkalanjati, Kecamatan Cinere gencarkan sosialisasi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kepada ibu rumah tangga belum lama ini. IST

RADARDEPOK.COM – Kelurahan Pengkalanjati, Kecamatan Cinere gencarkan sosialisasi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), belum lama ini. Kendati belum ditemukan kasus, edukasi tentang KDRT perlu dilakukan guna meminimalisir terjadinya di Pangkalanjati, khusunya ibu rumah tangga dan anak-anak.

“Sekecil apapun yang namanya KDRT pasti terjadi ditataran masyarakat hanya saja sering tak terekspos. Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, para stakeholder peserta sosialisasi dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait tips menghindari terjadinya KDRT dirumah tangga,” ujar Lurah Pangkalanjati, Tarmuji kepada Harian Radar Depok, Kamis (25/11).

Selain itu, para peserta sosialisasi juga dapat menyampaikan kepada masyarakat bahwa kasus KDRT merupakan pelanggaran hukum yang dapat menyeret pelakunya terjerat pasal pidana. Hal ini penting agar masyarakat lebih berhati hati bertindak meskipun dalam lingkup rumah tangga.

Masih ada warga yang berpikiran bahwa urusan rumah tangga itu tidak boleh dicampuri oleh pihak lain. Ini yang kerap memicu terjadinya kekerasan dalam rumah tangga yang sering dilakukan oleh kepala rumah tangga. “Kami menganggap penyelenggaraan sosialisasi pencegahan KDRT sangat penting dilaksanakan,” tegas lurah.

Sementara, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kelurahan Pangkalanjati, Mulyani mengaku, ingin warga tahu mana tindakan yang masuk kategori kekerasan dalam rumah tangga dan mana yang tidak dalam sosilisasi KDRT ini. “Alhamdulillah peserta sosialisasi mengaku puas mengikuti kegiatan sosialisasi kali ini,” singkat Mulyani.(van/rd)

Jurnalis : Ivanna Yustiani

Editor : Fahmi Akbar