permodalan
BERIKAN MATERI : Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan, saat membuka acara di Aula Bank Mandiri.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Di tengah merebaknya pandemi Covid-19, tentunya membuat berbagai sektor terdampak, salah satunya perekonomian masyarakat.

Berbekal dari hal tersebut, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Koperasi dan Usaha Menengah (DKUM) memfasilitasi pertemuan ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Depok dengan lembaga keuangan perbankan maupun non perbankan 26 dan 28 Oktober 2021.

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan menjelaskan, dalam mendongkrak perputaran perekonomian yang melesu akibat dampak penyebaran Covid-19, Pihaknya terus memberikan sejumlah upaya. Salah satunya memperkenalkan syarat dan prosedur permodalan yang diperlukan dari lembaga keuangan baik perbankan maupun non perbankan.

Kami mengadakan agenda ini untuk untuk menggali sumber-sumber permodalan bagi pelaku UMKM. Jadi, Pengusaha mikro dapat mengenali syarat dan prosedur apabila ingin mendapatkan dana segar dari bank maupun non bank,” ujarnya kepada Radar Depok, Senin (8/11)

Fitriawan menyebut, sebetulnya banyak program-program perbankan atau non perbankan bagi UMKM terkait permodalan. Disamping itu, tentunya sumber dananya cukup besar disertai bunga yang kompetitif, sehingga dapat membantu bekal dari pengusaha mikro khususnya di Kota Depok.

Kan ada juga kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra) dan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pemateri dari kegiatan ini ada dari Bank Mandiri dan Bank BJB, memperkenalkan program mereka kepada UMKM. Kami berharap usaha yang sedang dirintis oleh UMKM Depok dapat berkembang terus dan bisa melewati kendala permodalan,” bebernya.

Terpisah, Salah satu pelaku UMKM, Sinta mengucapkan apresiasinya terhadap kepedulian Pemerintah, dalam mendukung usaha-usaha masyarakat agar terus maju sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat. Dengan hadirnya fasilitasi akses pembiayaan dan permodalan tersebut, pelaku usaha mikro bisa mendapatkan beragam manfaat.

Alhamdulillah, di acara yang didukung BJB ini, saua mendapatkan banyak ilmu dan bonus yang didapat. Sangat senang karena dari bank itu, saya dapat free buka rekening dan saldo awal berikut Qrisnya,” tutupnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro