cegah perceraian pancoranmas
SOSIALISASI : Kelurahan Pancoranmas gencar serius tanggapi persoalan KDRT diwilayahnya. FOTO : GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas mengadakan sosialisasi tentang Satgas Poktan Pencegahan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) untuk mewujudkan keluarga yang berbudaya dan harmonis.

Lurah Pancoranmas, Mohamad Soleh mengatakan, hampir setiap hari kelurahannya menerima permohonan surat pengantar menikah. Namun, tidak sedikit juga menerima rilis percerian dari Pengadilan Agama.

“Hampir setiap hari saya menerima permohonan menikah dan cerai,” kata Soleh kepada Radar Depok, Kamis (18/11).

Soleh menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan pengurus RT dan RW sebagai ‘akar rumput’ mencegah sedini mungkin persoalan perceraian.

“Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk penguatan Satgas Poktan PKDRT,” tuturnya.

Dia berharap, pengurus RT dan RW dapat memahami dan mengantisipasi KDRT. Sehingga, tidak sampai pada ranah hukum.

Baca Juga : https://www.radardepok.com/2021/11/7-tempat-pilihan-untuk-kuliner-olahan-daging-babi-di-jakarta/

“Laporan dari Satgas PKDRT Kelurahan, selama ini bila ada laporan langsung diselesaikan secara musyawarah  kekeluargaan dibantu bhabinkamtibmas juga,” tukas Soleh.

Dalam sambutannya, Camat Pancoranmas, Syaiful Hidayat mengapresiasi kegiatan yang mengantisipasi gangguan keamaman, kenyaman dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Saya berharap, persoalan KDRT di Kelurahan Pancoranmas dapat ditangani dan dicegah,” ujarnya.

Menurut dia, persoalan KDRT hampir terjadi di seluruh Kelurahan di wilayahnya. Tetapi, dapat segera ditangani.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan (Kasipem) Kelurahan Pancoranmas, Alberto menyebutkan, selain diikuti pengurus RT dan RW kegiatan tersebut juga melibatkan Karang Taruna (Katar) dan PKK.

“Solusinya ada pada inti kegiatan. Alhamdulillah setiap ada kasus KDRT bisa kami cegah dan tangani,” pungkasnya. (rd/cr1)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya