pahlawan perempuan
PEREMPUAN PAHLAWAN : Pengurus Indonesia Council for Small Business (ICSB) Kota Depok yang menjadi penggagas Womenpreneur Awards 2021 berjajar sebelum memberikan pengharhaan pada perempuan teladan pelaku usaha di DeTambulatong, Kecamatan Tapos, Rabu (10/11). ARNET/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menghargai jasa para perempuan di bidang usaha dalam membangkitkan perekonomian Kota Depok, Indonesia council for small Business (ICSB) Kota Depok menyematkan penghargaan kepada perempuan peduli UMKM melalui Womenpreneur Awards 2021 di DeTambulatong, Kecamatan Tapos, Rabu (10/11).

Ketua ICSB Kota Depok, Wahyudi Setiawan mengatakan, ada empat perempuan tangguh dan panutan yang sudah sejak lama mendorong usaha Kota Depok lebih bergairah lewat berbagai cara, melalui UMKM, sehingga ini bagian kecil dari ungkapan terima kasih agar terus menularkan hal positif kepada pelaku usaha.

“Ini wujud apresiasi bagi kaum perempuan pengusaha dalam hal ini UMKM di Depok yang telah membantu menopang ekonomi Kota Depok,” jelas Yudi panggilannya saat dikonfirmasi Radar Depok.

Keempat perempuan yang menjadi kebanggaan adalah, Ketua GOW Depok Hj Asri Mulyanti, Ketua DPC PPJI Kota Depok Hj Siti Khodijah Said, Ketua DPC Iwapi Depok Hj Sri Sunarti, dan terakhir Ketua IPEMI PD Kota Depok Rosmawary Ismail.

Semua diberikan pengharagaan bukan tanpa sebab, dikatakan Yudi, seluruhnya telah terbukti di masa pandemi Covid-19 mampu berkiprah dengan membantu perekonomian sehingga sudah sepantasnya diberikan penghargaan.

Dilanjutkannya, sebagian besar hingga 80 persen UMKM yang tumbuh dan bertahan di masa pandemi pelakunya adalah perempuan. Jadi sudah tak heran di hari Pahlawan ini diberikan apresiasi penghargaan bagi kaum perempuan

“Perempuan itu tangguh. Ini bukti nyata ya. Banyak seluruh UMKM pelaku perempuan, baik yang tampil langsung atau di belakang layar,” ungkap Yudi.

Yudi melanjutkan, Womenpreneur Awards ini sebagai bentuk penghargaan bagi perempuan hebat di Depok. Rencananya penghargaan ini bakal digelar setiap tahunnya, yang akan dilakukan setiap Hari Pahlawan pada 10 November.

Sementara Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, mengatakan perempuan yang yang turut serta membantu perekonomian keluarga, kota, terlebih sampai berdampak pada masyarakat umum, ini tentu disebut sebagai pahlawan.

Ibu-ibu ini semua pahlawan. Begitu juga ibu saya juga pahlawan. Karena kita lihat kemampuan ibu atau perempuan seluruhnya membantu perekonomian muali dari lingkup terkecil yaitu keluarga,” jelas Imam dihadapan para UMKM.

Bahkan, Kata Imam, pada saat pandemi ketika ekonomi sedang lesu dan banyak karyawan di PHK. Peran perempuan sangat signifikan, membangkitkan ekonomi sehingga dapat bertahan dari dampak pandemi yang berkepanjangan.

“Jadi acara ini patut kita adakan setiap tahun sebagai bentuk apresiasi kita. Kami dari pemkot Depok siap mendukung ini,” ungkapnya.

Kegiatan juga dihadiri sejumlah pengusaha seperti H. Yahman Setiawan, H. Acep Azhari, Pimpinan Bank BNI Cabang Margonda Depok Wahyudi, Anggota DPRD Kota Depok, Hj. Endah Winarti, Camat Tapos Abdul Mutolib, Pelaku UMKM dan beberapa organisasi pengusaha perempuan seperti Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI), Perempuan Pengusaha Jasaboga Indonesia (PPJI), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

Tak berhenti sampai disana, peran pelajar serta mahasiswa juga dihadirkan guna mempelajari cara menjadi pengusaha. Hal ini penting menjadi bekal di usia dini sehingga memiliki kemampuan setelah lulus dari sekolah maupun dari universitas. Bekerja sambil membuka usaha menjadi cara yang sangat baik di era sekarang. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro