VIRTUAL : Pelatihan pengembangan kapasitas usaha yang digelar oleh PNM Depok dan Bogor.FOTO:FEBRINA/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – PT PNM cabang Depok dan Bogor mengadakan pelatihan pengembangan kapasitas usaha. Kali ini untuk para pelaku usaha kuliner pemula. Berhubung masih dalam kondisi pandemi, pertemuan diadakan secara virtual. Pelatihan dihadiri oleh pengisi materi yaitu Owner Rafita’s Cake, Noor Rafita, Kabid UMKM DKUM Kota Bogor, R Medi Sandora dan Koordinator PKU dan JML Jabodetabek dan Serang, Andi Irnawati.

“PNM terus ingin berperan dalam kemajuan dunia usaha terlebih bagi pemula,” ujar Project officer Pengembangan kapasitas usaha PNM Cabang Depok, Jaka Wifangga.

Mengetahui perencanaan umum dalam menjalankan sebuah usaha. Dengan begitu akan diketahui apa saja yang dibutuhkan dan juga menetapkan tujuan dari usaha tersebut. Dan tidak ketinggalan bagaimana membangun mimpi ketika diawal menjalankan usaha yang baru akan dirintis. Tidak ketinggalan juga disini pelaku usaha menetapkan model bisnis. Pasalnya dari situ akan menciptakan dan memberikan nilai akan pelanggan.

Jika sudah menetapkan diawal barulah mempertegas produk jualan kita. Sasaran konsumennya dan tentunya membina hubungan baik dengan pelanggan. Memperluas jaringan pelanggan dan awalnya harus promosikan usaha melalui banyak jalur. Mulai dari promo tradisional yaitu mulut ke mulut hingga yang biasa dilakukan secara online. Penjualan online bisa dilakukan melalui media social dan akses komunikasi lain melalui whatsapp.(rd/ina)

Jurnalis/Editor : Febrina