PELATIHAN : PNM Depok dan Bogor mengadakan pelatihan secara virtual.FOTO:FEBRINA/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – PNM cabang Depok dan Bogor kembali memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kali ini pelatihan yang diberikan berupa bagaimana cara mengemas dan juga memasarkan produk. Pelatihan dilakukan secara virtual diikuti oleh puluhan peserta dan narasumber yang usahanya kini berkembang yaitu Rafitas Cake.

“Jadi pelatihan ini merupakan lanjutan dari yang sebelum, bahasannya lebih ke packaging dan pemarasan,” ujar Project Officer Pengembangan Kapasitas Usaha PNM Cabang Depok, Jaka Wifangga kepada Radar Depok.

Fangga –sapaannya- menjelaskan, para peserta pelatihan ini didominasi oleh ibu-ibu yang memang baru dalam merintis usaha. Sehingga dibekali ilmu dasar dalam membuat kemasan dari produk yang dibuat. Tak hanya itu, dalam dunia usaha pemasaran juga menjadi sangat penting, oleh karena itu pelatihan ini diadakan. Karena jika packaging sudah dipahami maka akan mudah dalam memasarkannya.

“Dasarnya untuk memperkuat dari produk yang dibuat sehingga menarik konsumen untuk membeli,” ungkapnya.

Pengisi Materi, Owner Rafitas Cake, Rafita menambahkan, adapun bahasan kali ini bagaimana membuat packaging dari produk. Misalnya saja kemasan untuk produk kuliner. Jika produknya sudah maksimal dalam segi rasa dan penampilan, tentunya cara mengemasnya tidak boleh asal-asalan. Pemilihan gambar untuk dikemasan, nama usaha yang menarik, serta detail dari bahan baku hingga alamat wajib diperhatikan.

“Jika konsumen senang sama produk kita biasanya akan repeat order karena kualitas rasa, nah dalam mempermudah untuk membeli kembali jika tercantum alamat lengkap dan nomor telepon,” tutup Rafita.(rd/ina)

Jurnalis / Editor : Febrina